Umum

Ringankan Beban Penderita Covid-19, Warga Desa Bolopleret Siapkan Dapur Umum

Klaten, saktenane.com

Untuk meringankan beban warga yang sedang menderita sakit yang disebabkan terpapar oleh virus Covid-19, warga Desa Bolopleret, Kecamatan Juwiring, Kabupaten Klaten, menyiapkan dapur umum.

“Dapur umum ini digunakan untuk memasak makanan yang akan diberikan kepada warga yang sedang terpapar Covid-19 dan melakukan isolasi mandiri,” ujar Kepala Desa Bolopleret, Catur Joko Nugroho, Jumat (05/02/2021).

Menurut Catur, dapur umum yang berada di Dk. Ngreni ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa kebersamaan dan gotong royong untuk meringankan warga yang sedang mengalami musibah.

“Dapur umum ini, melibatkan satgas jogo tonggo, bidan desa, ketua RT, ketua RW, PKK, relawan serta masyarakat Desa Bolopleret,” ungkapnya.

Sementara itu Kapolsek Juwiring, AKP Anggono menjelaskan, dapur umum ini dibeayai secara swadaya oleh masyarakat. Warga secara sukarela memberikan bahan makanan dan sayur-sayuran ke dapur umum.

“Misal ibu-ibu lagi belanja di pedagang sayur keliling, beli tempe 3 potong, mampir kesini, diberikan ke dapur umum yang 1 potong, yang 2 potong dibawa pulang untuk dimasak sendiri,” terangnya.

Ia berharap dengan adanya dapur umum ini bisa memupuk rasa kebersamaan dan empati masyarakat terhadap tetangga yang sedang sakit. (ino)

Add Comment

Click here to post a comment