Umum

Terapkan PPKM Mikro, Akses Jalan Masuk Desa Pundungan Dibatasi dan Kerumunan Dibubarkan

Klaten, saktenane.com

Dengan diterapkannya PPKM Mikro di Desa Pundungan, Kecamatan Juwiring, Kabupaten Klaten, akses jalan masuk kampung di desa setempat dibatasi.

” Untuk akses jalan masuk kampung, hanya ada 2 pintu utama, di Taman Mojo dan depan kantor desa. Masing-masing pintu masuk dijaga 2 anggota Linmas,” jelas Kepala Desa Pundungan, Danang Setiawan, Senin (15/02/2021) siang.

Ia mengatakan, petugas Linmas yang berjaga di pos pintu masuk bertugas mengawasi, menegur dan mencatat warga yang tidak mengindahkan protokol kesehatan. Mereka berjaga dari pukul 06.00 WIB sampai dengan pukul 22.00 WIB, dibagi dalam 2 shift. Shift pertama pukul 06.00 WIB sampai dengan pukul 14.00 WIB, sedangkan shift kedua dari pukul 14.00 WIB sampai dengan pukul 22.00 WIB.

“Akses jalan dibatasi untuk memudahkan mengawasi masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan. Semua pelanggar dicatat, kemudian dievaluasi, semakin hari semakin membaik atau tidak. Kalau tidak semakin membaik, berarti harus ada tindakan lebih tegas lagi,” ungkapnya.

Danang menjelaskan, dalam menerapkan PPKM Mikro, tidak hanya dibatasi pada malam hari saja, tetapi justru pada waktu siang hari harus diperketat agar tidak ada kerumunan.

“Covid-19 tidak hanya menyebar pada malam hari, tetapi juga saat siang hari, dimana justru aktifitas warga lagi banyak-banyaknya. Untuk menekan penyebaran Covid-19, harus tidak ada kerumunan,” tegasnya.

Tujuan PPKM Mikro, menurut Danang, untuk mendisiplinkan warga agar menaati protokol kesehatan. Selalu memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan tidak berkerumun.

” Untuk menyadarkan masyarakat dan harus ada petugas yang selalu memantau,” pungkasnya. (ino)

Add Comment

Click here to post a comment