Umum

Saat ini, Desa Karang Nihil Covid-19

Klaten, saktenane.com

Saat ini, Desa Karang, Kecamatan Delanggu, Kabupaten Klaten, nihil Covid-19. Hal ini disampaikan Kepala Desa Karang, Agung Tri Sulistyo di Posko PPKM Mikro desa setempat, Senin (15/02/2021) pagi.

Ia mengatakan, untuk saat ini, warga Desa Karang tidak ada yang teridentifikasi Covid-19, baik itu confirm maupun suspect. Dengan kesadaran masyarakat untuk selalu menaati protokol kesehatan, semoga tidak ada lagi Covid-19 di Desa Karang.

” Apalagi dengan penerapan PPKM Mikro ini, tentu akan efektif untuk menekan penyebaran Covid-19,” ungkapnya.

Menurutnya, dalam pelaksanaan PPKM Mikro, posko di desa selalu siap 24 jam. Posko tersebut melibatkan seluruh stake holder yang ada di desa, Gugus Tugas Desa, Gugus Tugas RW, BPD, PKK, Karang Taruna, tokoh agama, tokoh masyarakat dan relawan. Tak terkecuali Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

“Anggaran untuk pelaksanaan PPKM Mikro dianggarkan pada APBDes 2021 untuk penanganan dan pencegahan Covid-19 sebesar 8% dari dari dana desa,” ujarnya.

Sementara itu, Babinsa setempat, Pelda Sujono menjelaskan, masyarakat di Desa Karang sudah patuh terhadap protokol kesehatan. Ruang isolasi di tingkat desa juga sudah disiapkan sejak Covid-19 muncul pertama kali.

“Operasi masker rutin diadakan setiap hari Kamis dan
Penyemprotan disinfektan setiap hari Minggu, secara serentak di 8 RW,” jelasnya.

Di Posko PPKM Mikro, Bhabinkamtibmas setempat, Bripka Dwi Windarto menyatakan, semua protokol kesehatan di Desa Karang sudah berjalan baik, semua kegiatan sudah sesuai dengan aturan yang ada.

“Babinsa dan Bhabinkamtibmas bersama Gugus Tugas Covid-19 selalu datang memonitor kegiatan warga untuk memastikan semua sesuai protokol kesehatan,” tandasnya. (ino)