Umum

Untuk Menambah Keindahan, Halaman Grha Megawati Ditanami Pohon Kurma

Klaten, saktenane.com

Untuk menambah suasana indah dan semakin keren, Grha Megawati Soekarnoputri yang berlokasi di tepi Jalan Raya Solo-Yogyakarta, tepatnya di Desa Buntalan, Kecamatan Klaten Tengah, Kabupaten Klaten ditanami 48 pohon kurma, Jumat (12/03/2021) pagi.

Penanaman pohon kurma secara simbolis dilakukan oleh Bupati Klaten Sri Mulyani, Wakil Bupati Klaten Yoga Hardaya, Sekda Klaten Jaka Sawaldi serta sejumlah pejabat yang hadir.

Puluhan pohon kurma tersebut merupakan hibah atau bantuan dari Razali Ismail Ubit, warga Solo. Pohon kurma yang ditanam di Grha Megawati ada dua jenis, masing-masing pohon kurma tropis Thailand dan kurma Ajwa. Pohon kurma ditanam di halaman Grha Megawati baik sisi depan dan sisi kanan kiri gedung.

Bupati Klaten Sri Mulyani mengatakan, penanaman pohon kurma di Grha Megawati bertujuan agar ke depannya Grha Megawati semakin indah dan menjadi kebanggaan masyarakat Klaten.

Tak lupa, Sri Mulyani juga mengucapkan terimakasih kepada Razali Ismail Ubit yang telah memberikan hibah berupa pohon kurma dan semoga lekas besar dan berbuah.

“Nantinya kalau bisa tumbuh besar dan berbuah juga untuk masyarakat Klaten, karena lokasi penamaman pohon kurma cukup baik mendapat sinar matahari yang cukup,” ujar Sri Mulyani.

Tentang penamaan gedung tersebut dengan nama Grha Megawati, menurut Sri Mulyani, karena gedung tersebut sangat besar, sehingga diberi nama memakai nama tokoh yang besar pula. Yakni diberi nama Grha Megawati Soekarnoputri, karena Megawati Soekarnoputri juga tokoh yang besar yang pernah sebagai Presiden wanita pertama di Indonesia yakni sebagai Presiden ke-5 Indonesia.

“Pemberian nama Grha Megawati Soekarnoputri tersebut sudah final, karena sudah dikonsultasikan dengan Ibu Megawati Soekarnoputri secara langsung. Untuk peresmian, rencananya juga akan dilakukan oleh Ibu Hj Megawati Soekarnoputri kalau pembangunan sudah selesai,” ungkapnya.

Sri Mulyani menyatakan, untuk tahap pembangunan gedung Grha Megawati sudah selesai, dan sekarang memasuki tahap pembagunan fasilitas penunjang seperti Masjid yang akan diberi nama Masjid Merah untuk mencontoh karena ada Laut Merah di Arab Saudi. Kemudian juga akan dibangun untuk bangunan katering, sehingga gedung tersebut punya fasilitas yang memadai.

Ditambahkan, selain membantu pohon kurma di Grha Megawati Soekarnoputri sebanyak 48 pohon kurma, Razali Ismail Ubit jua membantu pohon kurma di Masjid Raya Klaten ada 6 pohon kurma dan Masjid Agung Al Aqsha Klaten sebanyak 25 pohon kurma. Maka dari itu atas nama pribadi, masyarakat dan Pemkab Klaten, Bupati Klaten Hj Sri Mulyani mengucapkan terimakasih kepada Razali Ismail Ubit semoga mendapat imbalan dan pahala dari Tuhan Yang Maha Esa Allah SWT.

Sementara itu Razali Ismail Ubit mengatakan, membantu pohon kurma semata-mata dengan niat agar Grha Megawati Soekarnoputri, Masjid Raya dan Masjid Al Aqsha Klaten semakin indah dan nanti kalau berbuah juga untuk masyarakat Klaten. Untuk pohon kurma tropis Thailand itu nantinya cepat berbuah dan kurma Ajwa merupakan kurma yang ditanam Nabi Muhammad SAW.

Razali Ismail Ubit menjelaskan, setelah penamaman pohon kurma baik di Grha Megawati Soekarnoputri, Masjid Raya dan Masjid Al Aqsha Klaten, pihaknya juga memberikan pengertian cara peratawannya kepada para pengelola gedung dan masjid. Misalnya, setelah ditanam selanjutnya enam bulan berikutnya dipupuk buah sehingga tanaman dapat tumbuh subur dan nantinya segera berbuah. (ino)