Umum

Masa Pandemi, Desa Kupang Giatkan Hatinya PKK dan KWT

Klaten, saktenane.com
Masa pandemi, Pemerintah Desa Kupang, Kecamatan Karangdowo, Kabupaten Klaten menggiatkan Hatinya PKK dan Kelompok Wanita Tani (KWT).

Kepala Desa Kupang, Sutari menjelaskan, karena dampak dari pandemi Covid-19, banyak warga yang kehilangan pekerjaan dikarenakan terkena PHK dari tempatnya bekerja. Mereka menganggur dan tidak mempunyai penghasilan.

” Untuk itu kami pemerintah Desa Kupang menganggarkan dari Alokasi Dana Desa (ADD) tahun 2021 sebesar 10 juta rupiah untuk membeayai program Hatinya PKK dan KWT,” ujar Sutari, Selasa (25/05/2021).


Sementara itu Ketua TP PKK Desa Kupang, Ny. Euis Maesaroh Sutari mengatakan, dengan adanya program Hatinya PKK, masyarakat merasa terbantu, setidaknya untuk kebutuhan sayur sehari-hari tidak usah membeli dan bahkan malah bisa menjual untuk menambah beaya hidup selama pandemi.

“Arti dari Hatinya PKK yaitu Halaman, Asri, Teratur, Indah dan Nyaman, tentunya bagaimana kelompok PKK memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk bagaimana menciptakan Hatinya di pekarangan, dengan menanam tanaman apotik hidup, lumbung pangan, serta bunga dan sayuran, dimana tujuannya dalam rangka meningkatkan ekonomi pendapatan keluarga,” ucapnya.

Sedangkan Ketua KWT Dewi Sri Mulyo Kupang, Titik Sumanti menyebutkan, dana sebesar 10 juta rupiah dari ADD digunakan untuk pembelian bibit sayuran untuk warung hidup dan juga apotik hidup untuk ditanam di halaman kantor desa setempat dan dibagikan kepada anggota KWT untuk ditanam dipekarangan miliknya

“Bibit lombok, sawi, kembang kol, terong, tomat dan lainnya. Untuk apotik hidup, ada jahe, temulawak, kunyit, serai dan sebagainya,” ungkapnya.

Ia berharap masyarakat warga Desa Kupang bisa terbantu dengan adanya Hatinya PKK dan KWT untuk mencukupi kebutuhan sayur sehari-hari sehingga sistem imun tetap terjaga dan terhindar dari paparan virus Corona. (ino)

Add Comment

Click here to post a comment