Umum

Pembangunan Gedung Kesenian Desa Tegalgondo, Kini Sudah Tahap Pengerjaan Atap

Klaten, saktenane.com

Pembangunan Gedung Kesenian Desa Tegalgondo, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Klaten, yang  direncanakan rampung tahun 2021, kini sudah memasuki tahap pengerjaan atap bangunan.

Kepala Desa Tegalgondo,  H.  Sudjito mengatakan,  anggaran untuk pekerjaan atap sebesar 85 juta rupiah dari BKK Kabupaten Klaten Tahun 2021.

“Kurang finishing, plester, keramik, dan plester  halaman depan joglo. 
Masih kurang 170 an juta anggarannya, ” ujarnya,  Senin (07/06/2021).

Menurut Kades Tegalgondo, gedung yang terletak di samping kantor Desa Tegalgondo ini sudah dimulai pembangunannya pada bulan November tahun 2020. Pembangunan gedung dengan ukuran luas 12 meter X 14 meter ini dianggarkan dalam 2 tahun anggaran.

“Direncanakan tahun 2021 bisa rampung. Kami berharap pemerintah Kabupaten Klaten melalui bupati mau memberikan bantuan dana melalui bantuan keuangan khusus (BKK),” harap H. Sudjito.

Ia menyebutkan, untuk merampungkan pembangunan gedung kesenian dibutuhkan anggaran 300 juta rupiah.

“Nantinya atap gedung akan berbentuk joglo. Untuk pembangunan pondasi dan cor tiang serta cor balok ring, sudah menghabiskan anggaran 90 juta rupiah dari BKK Kabupaten Klaten pada anggaran perubahan tahun 2020,” jelasnya.

Gedung kesenian ini nantinya, menurut H. Sudjito, selain digunakan untuk latihan dan pentas kesenian serta budaya, juga bisa digunakan masyarakat untuk menggelar hajatan.

“Ini sebagai bentuk peran serta pemerintah desa dalam melestarikan kesenian dan kebudayaan jawa. Kalau ada warga yang mau memakai untuk hajatan diperbolehkan, semua kembali untuk masyarakat,” ungkapnya.

Ia menambahkan, di lingkungan kantor Desa Tegalgondo, juga ada pesanggrahan Raja Surakarta, yakni pesanggrahan Sampeyandalem Ingkang Sinuhun Kanjeng Susuhunan Paku Buwono VII. Pesanggrahan yang terletak dibelakang kantor desa tersebut seluas 8800 meter. (ino)