Umum

Untuk Penuhi Kebutuhan Air Irigasi, Pemdes Jambukidul Bangun Talud Saluran Permanen

Klaten, saktenane.com
Untuk memenuhi kebutuhan air irigasi di lahan pertanian Blok 8, Desa Jambukidul, Kecamatan Ceper, Kabupaten Klaten, pemerintah desa setempat membangun talud saluran permanen.

Kadus 2 Desa Jambukidul, Rugino mengatakan, petani diwilayah Blok 8 sangat membutuhkan talud saluran irigasi permanen.

“Ketinggian permukaan tanah di Blok 8 ini tidak sama. Di bagian utara permukaan tanah lebih tinggi, sementara di bagian selatan sangat rendah,” ujar Rugino, Senin (07/06/2021) siang.

Hal itu menurut Rugino, pada saat musim penghujan, di bagian selatan selalu tergenang banjir, sementara saat kemarau di bagian utara selalu kekurangan air.
“Solusinya ya dibangun talud permanen
kekurangan air.

“Solusinya ya dibangun talud permanen biar air bisa diarahkan. Saat penghujan air bisa terbuang ke sungai, dan saat musim kemarau untuk mengalirkan air dari Sendang Gatak,” ungkapnya.

Sementara itu Kaur Perencanaan desa setempat, Andreas menjelaskan, anggaran untuk membangun talud saluran irigasi tersebut merupakan dana Bantuan Keuangan Khusus (BKK) Kabupaten Klaten.

“Untuk membangun talud saluran irigasi Simas ini dananya sebesar 90 juta rupiah. Saluran ini untuk mengalirkan air dari Sendang Gatak Desa Kujon, dan mengairi kurang lebih 20 hektar lahan pertanian,” terangnya. (ino)