Umum

Edukasi Berdemokrasi, Pemilihan Ketua RW di Desa Trasan Serasa Pemilu

Klaten, saktenane.com
Edukasi berdemokrasi, pemilihan Ketua RW 08 Dukuh Ngrukuh, Desa Trasan, Kecamatan Juwiring, Kabupaten Klaten serasa Pemilu.

Ketua RW yang sudah habis masa jabatannya diadakan pemilihan atau coblosan dengan mekanisme pemilihan secara langsung seperti layaknya pemilihan umum.

Pelaksanaan pemilihan Ketua RW tersebut dilakukan dengan mencoblos surat suara dengan nomor urut dan tanda gambar berupa foto calon.

Di lokasi pencoblosan dibuat sedemikian rupa seperti saat pelaksanaan pemilu maupun pilkada. Di jalan depan lokasi pemungutan suara juga terpampang baliho gambar 3 calon ketua RW lengkap dengan namanya.

Ketua Panitia, Rustam menyampaikan, karena situasi pandemi Covid-19, pemungutan suara untuk memilih Ketua RW ini menerapkan protokol kesehatan. Semua yang hadir wajib memakai masker, sebelum memasuki lokasi harus cuci tangan pakai sabun terlebih dahulu ditempat yang disediakan, sedangkan tempat duduk diatur dengan memperhatikan jaga jarak dan tidak ada kerumunan warga. Pelaksanaan pemungutan suara ini dilaksanakan dirumah warga setempat, Minggu (13/06/2021) pagi.

Ia menambahkan, kontestan dalam pemilu tingkat RW ini diikuti oleh 3 kandidat. Ketiganya yakni Haryono deengan nomor urut 1 (perwakilan dari RT 01/RW 08), kemudian Surandi nomor urut 2 (perwakilan RT 02/RW 08) dan Sudadi (incumbent) nomor urut 3 (perwakilan dari RT 03/RW 08).

“Setelah dilakukan pencoblosan surat suara dan dilakukan penghitungan, pemilihan Ketua RW ini dimenangkan oleh Haryono. Hasil rekapitulasi surat suara, Haryono memperoleh 167 suara, Surandi 150 suara dan Sudadi mendapatkan 42 suara, suara yang tidak sah sejumlah 4 suara,” katanya.

Setelah dilaksanakan penandatanganan berita acara pemilihan oleh ketua panitia, kepala desa, ketiga calon dan saksi-saksi, dilanjutkan dengan penetapan ketua RW yang baru dan selanjutnya akan dilakukan pelantikan oleh kepala desa setempat pada Agustus 2021 mendatang.

Kepala Desa Trasan Riyadi berpesan kepada warga, setelah pemilihan ketua RW, semuanya kembali normal, beda pilihan adalah hal yang wajar. Ketua RW yang terpilih harus didukung seluruh warga untuk melanjutkan pembangunan di RW 08 Dukuh Ngrukuh.

“Kita bersama-sama belajar berdemokrasi, inilah demokrasi yang sesungguhnya, dipilih oleh warga masyarakat secara langsung, umum dan rahasia,” ujar Riyadi, Minggu (13/06/2021).

Riyadi menjelaskan, pelaksanaan pemilihan ketua RW seperti ini sudah dilaksanakan bukan hanya sekali ini saja, melainkan sudah 3 kali ditempat yang berbeda. Sebelumnya dilaksanakan pemilihan Ketua RW 04, Ketua RW 01 dan saat ini pemilihan Ketua RW 08.

Sementara itu, Ketua RW 08 terpilih Haryono menerangkan, program kedepan adalah terus memupuk rasa persatuan dan kebersamaan warga yang sudah terjalin baik selama ini dan memajukan pembangunan di wilayah RW 08 Dukuh Ngrukuh. (ino)