Umum

Kades Bolopleret Optimis Target Vaksinasi Tahun 2021 Bakal Tercapai

Klaten, saktenane.com

Kepala Desa Bolopleret, Kecamatan Juwiring, Kabupaten Klaten optimis target vaksinasi  Covid-19 warga desa setempat bakal tercapai.

Hal itu disampaikan Kepala Desa Bolopleret, Catur Joko Nugroho kepada media ini disela-sela kegiatan vaksinasi Covid-19 untuk warga Bolopleret, di desa setempat, Rabu (15/09/2021).

Ia menyatakan,sampai dengan saat ini capaian vaksinasi untuk warga Desa Bolopleret sudah mencapai 30 persen. Dirinya optimis, target vaksinasi di tahun ini bakal tercapai.

“Total jumlah penduduk 2150 jiwa, yang sudah melakukan vaksinasi kisaran 650 orang. Mereka ikut vaksinasi di Kodim, Polres dan lingkungan kerja serta pabrik di Solo,” ujarnya.

Ia menjelaskan, dengan  adanya program vaksinasi  yang lebih masif dan banyak ini, bisa membentuk  herd immunity (kekebalan kelompok) dari  virus Covid- 19.

“Kami minta masyarakat setelah divaksin tidak melanggar prokes. Tetap menjaga prokes.Selalu pakai masker, jaga jarak dan cuci tangan pakai  sabun dengan air yang mengalir,” imbaunya.

Ia berharap vaksinasi seperti ini bisa dimasifkan lagi dan diadakan kembali di setiap desa, agar dekat dari jangkauan masyarakat.

“Dan Kades selaku Satgas Covid bisa mengawasi dan memantau pelaksanaan vaksin agar lebih tertib dengan menerapkan prokes ketat.

Sementara itu, Bidan Desa Bolopleret, Sukeksi Woro Prihatin menyebutkan, kuota vaksin untuk warga Bolopleret kali ini sebanyak 400 dosis vaksin Sinovac untuk usia 18 tahun keatas.

“Melibatkan 35 personel nakes dari Puskesmas Juwiring. Relawan desa untuk input data ada 6 personel dan relawan luar desa ada 2 personel,” jelasnya. (ino)