Umum

Hatinya PKK Desa Bogor, Topang Ekonomi Keluarga Saat Pandemi

Klaten, saktenane.com
Hatinya PKK Mukti Rejeki  Desa Bogor, Kecamatan Cawas, Kabupaten Klaten bisa menopang ekonomi keluarga di saat pandemi. Pemerintah desa setempat melalui Tim Penggerak PKK Desa  menggalakkan Program Halaman Asri, Teratur, Indah dan Nyaman (Hatinya) PKK untuk memanfaatkan lahan pekarangan yang kosong untuk ditanami tanaman sayuran, tanaman obat keluarga (toga), ternak dan juga budidaya ikan.

“Ketahanan pangan diwujudkan bersama oleh masyarakat dan pemerintah serta dikembangkan mulai tingkat rumah tangga. Yang menjadi kegiatan prioritas dalam pembangunan ketahanan pangan adalah pemberdayaan masyarakat,” ujar Ketua TP PKK Desa Bogor, Ny Rina Joko Riyanto  saat penilaian lomba Hatinya PKK tingkat Kabupaten Klaten, Senin (27/09/2021) pagi.

Ia mengatakan, apa yang dilakukan  oleh Pokja 3 PKK Desa Bogor ini menghantarkan  Hatinya PKK desa setempat meraih Juara 1 lomba Hatinya PKK tingkat Kecamatan Cawas dan berlanjut mengikuti Lomba Hatinya PKK tingkat Kabupaten Klaten.

“Berbagai persiapan sebelumnya telah dilakukan untuk menghadapi lomba tingkat kecamatan dan alhasil mendapatkan nominasi sehingga saat ini maju di tingkat kabupaten,” ungkapnya.

Lebih lanjut Rina menjelaskan, pekarangan rumah menjadi awal peningkatan pendapatan rumah tangga dan meningkatkan nilai ekonomi keluarga.

“Dengan diadakannya lomba ini diharapkan akan memacu semangat anggota PKK untuk menciptakan produk unggulan dan menu olahan yang bernilai jual tinggi,” jelasnya.

Menurut Rina, maka dukungan PKK sebagai salah satu penggerak, sangat diperlukan dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan di tingkat rumah tangga.

“Selain sayuran, pembuatan kolam ikan di pekarangan rumah pun dapat membantu pemenuhan gizi keluarga. Ikan dapat diolah menjadi berbagai macam produk olahan. Tinggal bagaimana kita  mengolahnya menjadi hidangan yang lezat dan bernilai gizi tinggi,” terangnya.

Ia menyatakan, keluarga sebagai lingkup masyarakat  terkecil menjadi tulang punggung ketahanan pangan. Pekarangan rumah dapat di manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari. Pekarangan rumah dapat ditanami dengan berbagai macam tanaman sayuran dan tanaman obat keluarga (toga).

“Terlebih saat ini pandemi covid -19 juga belum usai, sehingga dapat memberikan manfaat bagi keluarga khususnya makanan yang bergizi untuk meningkatkan imun serta meningkatkan pendapatan keluarga,” terangnya.

Rina berharap selain dapat menopang perekonomian warga Lomba Hatinya PKK dapat menang ditingkat Kabupaten sehingga akan memicu desa desa lain untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui hatinya PKK. (ino)