Umum

Gerakan Tuntas Vaksin, Pemdes Tlingsing Lakukan Vaksinasi ke Rumah Warga

Klaten, saktenane.com

Untuk mengejar agar  bisa mencapai target tuntas vaksin, Pemerintah Desa Tlingsing, Kecamatan Cawas, Kabupaten Klaten melakukan terobosan dengan melakukan vaksinasi ke rumah-rumah warga. 

Dengan menggandeng tenaga kesehatan dari Puskesmas II Cawas, Polsek Cawas dan Babinsa desa setempat, vaksinasi dilakukan dari rumah ke rumah bagi warga lansia, ODGJ dan warga yang tidak memungkinkan untuk melakukan vaksinasi di Puskesmas maupun balai desa setempat.

Kepala Desa Tlingsing melalui Kasi Perencanaan Desa Tlingsing, Joko Waluyo menjelaskan, untuk mencapai target vaksinasi memang diperlukan terobosan dengan cara jemput bola.

“Kami jemput ke rumah untuk divaksinasi di baledesa, namun apabila tidak memungkinkan, dilakukan vaksinasi di rumah masing-masing,” ujarnya, Kamis (07/10/2021) siang.

Ia menyebutkan, jumlah warga Desa Tlingsing yang berusia 12 tahun keatas sebanyak 2.388 orang. Untuk  vaksinasi hari ini disediakan vaksin Sinovac 325 orang. 

“Sampai jam 11.30 WIB sudah ada 229 warga  yang melakukan vaksinasi. Kalau hari ini bisa tercapai target 325 orang, berarti bisa dikatakan semua warga  sudah tervaksin,” ungkapnya.

Sementara itu, Camat Cawas, Moh Prihadi  mengatakan, pemerintah desa di wilayah Kecamatan Cawas  semuanya melakukan validasi  data dan berlomba- lomba mendaftar untuk mengadakan vaksinasi di desa masing-masing  dengan mengundang nakes dari  Puskesmas.

“Semua desa hampir tuntas. Jadi tinggal menyisir yang masih belum lolos screening karena  tensi tinggi, lansia komorbit, stroke dan lainnya,” jelasnya.

Seorang warga di Dk. Sidomulyo Wetan RT 09 RW 04 Desa Tlingsing, Harto Mulyono (91) merasa senang bisa melakukan vaksinasi di rumah.

“Kalau harus ke baledesa nggak bisa, sudah nggak kuat mbonceng motor. Berjalan saja sudah susah,” tuturnya.(ino)