Wisata

HUT Kota Yogyakarta Ke-265, Dimeriahkan Wayang Jogja Night Carnival

Yogyakarta, saktenane.com
Perayaan Hari Ulang Tahun Kota Yogyakarta ke-265 tahun dimeriahkan dengan gelaran Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) 2021 #6 bertajuk Semar Boyong. WJNC 2021 termasuk dalam Kharisma Event Nusantara 2021, yaitu kalender event kegiatan-kegiatan terbaik yang dimiliki oleh pariwisata Indonesia. Pada kesempatan tersebut juga dilakukan launching City Brand Kota Yogyakarta yang dihadiri oleh Wakil Gubernur DIY, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Yogyakarta. Puncak perayaan tersebut digelar dengan mematuhi protokol kesehatan di Stadion Mandala Krida, Umbulharjo, Yogyakarta pada Kamis(07/10/2021) malam.

Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X, membacakan sambutan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, menyampaikan ucapan selamat atas dirgahayu Kota Yogyakarta ke-265. “Saya mengucapkan Dirgahayu ke-265 untuk Kota Yogyakarta dan seluruh warganya. Semoga momentum ini dapat memulai boyongan spiritual, menanamkan tekad dalam hati, berjalan beriringan menuju arah yang lebih baik, dalam jalinan Manunggaling Kawula lan Pamong dan Jogo Wargo, sebagai tantri sesrawungan, saling ngemong dan ngaruhke dalam situasi apapun,” ungkapnya.

Mengusung tema dirgahayu Tanggap, Tanggon, dan Tuwuh, Sri Paduka berharap Kota Yogyakarta dapat menjadi Kota Nyaman Huni yang berpijak pada nilai-nilai keistimewaan, serta bertonggak pada budaya dan sifat-sifat kemanusiaan. Sri Paduka juga mengajak warga Yogyakarta untuk terus bersiaga dalam menghadapi situasi pandemi dengan terus disiplin mematuhi protokol kesehatan.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno turut mengucapkan selamat atas dirgahayu Kota Yogyakarta. “Semoga ke depannya semakin maju kota dan juga pariwisata dan ekonomi kreatifnya,” tuturnya.

Tema WJNC 2021 Semar Boyong yang berarti recovery atau pemulihan sangat strategis berkaca dari situasi Kota Yogyakarta saat ini. Sandiaga mengapresiasi Pemkot Yogyakarta yang telah bersungguh-sungguh dalam melaksanakan pemulihan terbukti dengan tercapainya target vaksinasi 100%.

“Kita lihat bahwa Kota Yogyakarta sangat serius untuk recovery dengan menuntaskan vaksinnya. Dan ini menjadi momentum pengembangan wisata budaya dan produk kreatif, salah satunya adalah penyelenggaraan kegiatan event dengan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin,” ungkapnya. Sandiaga juga menekankan pentingnya implementasi protokol CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environment Sustainability) agar masyarakat dapat menikmati event secara aman dan nyaman.

Sandiaga turut mengapresiasi peluncuran City Brand Kota Yogyakarta untuk terus membangun brand tersebut agar mampu bersaing dengan pasar-pasar luar negeri. Menurutnya brand yang sukses adalah yang mampu menginstitusionalisasikan dan mengkomunikasikan komoditasnya dengan baik.

“Saya titip ke seluruh elemen, entitas di Yogyakarta jika betul-betul serius mau me-rebranding ini menurut saya luar biasa. Mudah-mudahan kita bisa sukseskan launching city brand terbaru ini dan mudah-mudahan kita bisa membantu pemulihan pariwisata dan ekonomi kreatif dan mempromosikan Kota Yogyakarta ke dunia,” tutupnya. (ino)

Sumber: Humas DIY

Add Comment

Click here to post a comment