Umum

Bansos Provinsi Belum Turun, Desa Merasa Kesulitan

Klaten, saktenane.com
Bantuan sosial seperti BST dari Kemensos, Bansos DTSK Provinsi maupun DTKS Kabupaten serya BLT Dana Desa tentu saja sangat diharapkan oleh warga miskin yang terdampak Covid-19 secara ekonomi. Namun Bantuan Sosial DTKS Provinsi Jawa Tengah yang sampai dengan saat ini belum turun dirasa sangat menyulitkan desa. Hal ini disampaikan Kepala Desa Mireng, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Klaten, Endah Yulianingsih disela sela kegiatan penyaluran BLT Dana Desa di aula kantor desa setempat, Rabu (27/05/2020).

Kades Mireng mengatakan, bantuan sosial yang berasal dari pemerintah provinsi sampai saat ini belum turun, sehingga ini membuat desa kesulitan untuk pendataan penerima bansos.

” Kami sangat kesulitan karena ada warga kami yang tercatat sebagai penerima bansos dari provinsi,sehingga apabila kami masukkan ke BLT Dana Desa, takutnya nanti juga mendapatkan bansos yang dari propinsi, padahal aturanya jelas tidak boleh tumpang tindih,” ujar Endah Yulianingsih.

Lebih lanjut Kades Mireng menjelaskan, kebingungan didesa ini dikarenakan warga yang terdata menerima bansos dari provinsi juga sudah banyak yang menanyakan terkait bansos tersebut.

” Nanti yang lebih susah lagi, kalau ternyata bansos yang turun tidak sesuai data yang diajukan oleh desa, ini akan menimbulkan masalah baru lagi, sementara BLT Dana Desa sudah disalurkan semua,” ucapnya.

Endah Yulianingsih menambahkan bahwa warganya yang diajukan untuk menerima bansos dari Provinsi Jawa Tengah adalah 250 Kepala Keluarga (KK) namun pada cleansing yang pertama terdata 241 KK, dan cleansing kedua berkurang lagi menjadi 212 KK jadi terjadi selisih 29 KK penerima.

” Yang kami khawatirkan justru 29 KK yang teranulir itu nantinya malah warga yang benar benar membutuhkan, terus kami mau memihaki dengan apa nantinya kan jadi bingung,” tutur Endah.

Sedangkan keseluruhan penerima bantuan sosial di Desa Mireng, Endah Yulianingsih menyampaikan, Untuk BST Kemensos melalui Bank Himbara sejumlah 41 KK, BST Kemensos melalui Kantor Pos 206 KK, BPNT Perluasan ada 137 dan Bansos DTKS Kabupaten Klaten sebanyak 12 KK serta BLT Dana Desa berjumlah 143 KK.

” Untuk BST Kemensos ada beberapa data yang dobel tetapi sudah kami benahi, untuk BLT Dana Desa hari ini menyalurkan kepada 33 penerima yang berhak, sedangkan yang 110 KK sudah disalurkan sebelum tanggal 24 Mei 2020,” tandas Kades Mireng.

Endah Yulianingsih berharap masyarakat yang menerima bantuan bisa menggunakan dana tersebut sesuai dengan kebutuhan dan semoga menjadi barokah untuk warganya.
(ino)