Umum

Bansos Provinsi Yang Ditunggu tunggu Masyarakat Akhirnya Datang Juga

Klaten, saktenane.com

Bansos Provinsi yang ditunggu tunggu masyarakat akhirnya datang juga. Bupati Klaten Sri Mulyani melaunching Bantuan Sosial Non Tunai (BSNT) Provinsi Jawa Tengah (Jateng) yang diberikan kepada warga terdampak covid-19 atau virus corona di Balai Desa Kajoran, Kecamatan Klaten Selatan, Selasa (09/06/2020).


Bupati Klaten Sri Mulyani mengatakan, ada sekitar 6 jenis bantuan dari pemerintah untuk membantu warga dalam menghadapi pandemi virus corona masing-masing Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial (Kemensos) sebesar Rp 600.000, Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang penyalurannya melalui e-warung.
Kemudian Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) sebesar Rp 600.000 yang penentuannya melalui Musyawarah Desa (Musdes) setiap desa, Bansos sembako dari Pemkab Klaten senilai Rp 200.000 dan BSNT Provinsi Jateng senilai Rp 200.000.


“Dalam penyalurannya, tidak boleh ada warga yang menerima dobel, karena setiap warga hanya mendapat satu program bantuan demi pemerataan,” ujar Sri Mulyani

Lebih lanjut Bupati Klaten menegaskan,semua warga mendapat bantuan kecuali Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI/Polri dan perangkat desa, untuk itu bantuan yang diberikan khususnya yang menerima BSNT dari Provinsi Jateng agar dapat digunakan sebaik-baiknya untuk memenuhi kebutuhan keluarganya.


Kepala Kantor Pos Klaten, Dadan Ramdan dalam sambutannya mengatakan, jumlah warga Klaten yang mendapat BSNT Provinsi Jateng sebanyak 27.274 Kepala Keluarga (KK). Penyalurannya diharapkan dapat selesai dalam 12 hari kerja, sehingga Kantor Pos Klaten yang dipercaya menyalurkan BSNT dari Provinsi Jateng akan bekerja maksimal sehingga penyalurannya dapat tepat waktu.


Kepala Dinsos P3AKB Kabupaten Klaten, Much Nasir pada kesempatan tersebut mengatakan, BSNT dari Provinsi Jateng berujud sembako senilai Rp 200.000. BSNT dari Provinsi Jateng sebagai wujud kepedulian Pemerintah Provinsi Jateng kepada warganya yang terdampak virus corona, dengan harapan BSNT tersebut dapat membantu memenuhi kebutuhan di tengah pandemi covid-19.

Sementara itu, Camat Klaten Selatan, Joko Hendrawan kepada awak media menyatakan untuk kecamatan Klaten Selatan penerima Bantuan Provinsi sejumlah 766 KK penerima, sedangkan di Desa Kajoran ada 146 KK penerima bansos.

“Pengadaan barangnya diserahkan kepada dua BUMDes yang ada di Kecamatan Klaten Selatan, yakni BUMDes Desa Danguran Dan BUMDes Desa Kajoran” kata Joko Hendrawan.

Sedangkan mengenai isi paket, Joko Hendrawan menerangkan, isi paket sembako yakni Beras 10 kilogram, Telur, Minyak Goreng, Kecap, Sarden dan Mie keriting. (red)

Add Comment

Click here to post a comment