Umum

SMPN 2 Manisrenggo Siap Laksanakan PPDB Online

Klaten, saktenane.com

SMP Negeri 2 Manisrenggo Kabupaten Klaten Siap Melaksanakan PPDB online sesuai juklak dan juknis dari Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten.

Saat ditemui di ruang kerjanya, Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Manisrenggo, Sundari mengatakan, persiapan untuk penerimaan peserta didik baru (PPDB) di SMPN 2 Manisrenggo mengacu pada juklak dan juknis dari Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten yang sudah dikeluarkan pada tanggal 29 Mei 2020.

“Kemudian diikuti koordinasi ditingkat kabupaten di SMPN 6 Klaten kemarin, terus kami tindaklanjuti dengan tim kesiswaan dan operator untuk mempersiapkan ini,” ujar Sundari.

Lebih lanjut Sundari menjelaskan, pihak sekolah sudah mempersiapkan kepanitiaan, dan semua panitia sudah mulai bekerja pagi ini, Kamis (11/06/2020).

“Semua operator sudah siap mengirimkan email ke link PPDB Telkom Kabupaten Klaten, karena pelaksanaan PPDB kali ini secara online penuh,” tuturnya.

Sundari menambahkan, karena PPDB dilaksanakan secara online penuh, jadi semua bisa dilakukan dari rumah tanpa ada tatap muka untuk mencegah penularan virus corona.

“Peserta yang mau mengikuti PPDB tinggal mengikuti alur pendaftaran yang sudah disiapkan oleh Disdik kabupaten Klaten,” ucapnya.

Dikarenakan adanya dampak ekonomi yang dirasakan masyarakat karena pandemi virus corona, menurut Sundari, untuk PPDB tahun ini jalur afirmasi ada 15% yang khusus diperuntukkan bagi peserta didik berasal dari keluarga ekonomi tidak mampu.

“Surat keterangan tidak mampu (SKTM) dari desa kini sudah tidak berlaku untuk jalur afirmasi dalam penerimaan peserta didik baru.
Sebagai gantinya, keluarga calon siswa harus melampirkan keterangan sebagai penerima manfaat dari program penanganan kemiskinan seperti Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau Program Keluarga Harapan (PKH),” pungkas Sundari. (red)

Add Comment

Click here to post a comment