Umum

Taskombang Manisrenggo Penerima BST Terbanyak

Klaten, saktenane.com

Desa Taskombang, Manisrenggo merupakan penerima BST terbanyak. Di wilayah Kabupaten Klaten desa yang paling banyak menerima dana bantuan sosial tunai (BST) Kemensos RI yaitu Desa Taskombang, Kecamatan Manisrenggo. Di desa ini penerima BST bank himbara ada 78 KK, BST melalui kantor pos sebanyak 538 KK, masing-masing mendapatkan Rp 600 ribu setiap bulan selama 3 bulan berturut turut.

Kades Taskombang, Aris Sumarno menyampaikan, jumlah warganya yang menerima BST Kemensos selain yang terdata sebagai penerima manfaat PKH dan BPNT, ada sejumlah 78 KK penerima BST melalui bank himbara dan 538 KK menerima BST melalui kantor pos. Sedangkan Bansos dari provinsi Jateng ada 90 KK, bansos kabupaten Klaten 20 KK serta penerima BLT Dana Desa sebanyak 66 KK.

“Semoga dengan adanya bantuan sosial ini bisa meringankan beban keluarga tidak mampu disaat pandemi Covid-19 ini,” ucap Aris, Kamis (11/06/2020).

Aris Sumarno menjelaskan, yang berhak menerima BST Kemensos, BLT Dana Desa dan bansos provinsi serta bansos kabupaten adalah mereka yang belum pernah mendapatkan bantuan PKH maupun BPNT.

“Yang sudah tercatat sebagai penerima manfaat PKH dan BPNT serta ASN, TNI/Polri , pensiunan, perangkat desa serta masyarakat yang memang ekonominya tergolong mampu tidak berhak menerima bantuan ini,” ujarnya.

Kades Taskombang juga mengatakan BLT Dana Desa ini merupakan bentuk perhatian pemerintah pusat melalui pemerintah desa terhadap keluarga miskin dan warga yang terdampak Covid-19.

Aris juga menghimbau agar warganya tetap mematuhi protokol kesehatan,tetap jaga jarak, selalu memakai masker dan rajin cuci tangan pakai sabun. (red)