Umum

Tim Penggerak PKK Klaten Sosialisasi Posyandu Menyongsong New Normal Melalui Live Instagram

Klaten, Saktenane.com

Tim Penggerak PKK Kabupaten Klaten melakukan sosialisasi Posyandu menyongsong New Normal melalui live instagram, karena kegiatan Posyandu dalam menyongsong tatanan baru atau New Normal harus dipersiapkan dengan baik.

Maka Ketua TP PKK Kabupaten Klaten Atik Jaka Sawaldi bersama Juru Bicara Gugus Tugas PP Covid-19 Cahyono Widodo dengan akun pribadi yaitu @atik.mira dan @cahyo7078 pada Selasa (16/06/2020) melakukan Live Instagram dalam rangka mensosialisasikan Posyandu Menyongsong New Normal.

“Sikap Pelaksanaan Posyandu di era Pandemi Covid 19 sebetulnya ada tiga komponen, tetapi Posyandu harus didukung oleh lingkungan sekitar dan gugus tugas tingkat desa. Pertama, pelaksanaan Posyandu Kader dengan perjanjian dan batasan kunjungan dan undangan bergilir supaya tidak berkerumun. Kedua kunjungan rumah atau door to doormenggunakan timbangan injak, ditimbang dengan ibu bayi atau balitanya nimbang sendiri ibunya yang melihat berat timbangannya setelah selesai dan mau dipakai lagi timbangan dibersihkan dulu. Komponen yang terakhir , melalui sistem daring atau online” tegas Cahyono Widodo

Cahyono Widodo saat live instagram juga menyampaikan ketika memasuki New Normal, Posyandu harus tetap memperhatikan tahapan dan memperhatikan protokol kesehatan Covid 19.

Terlebih Posyandu adalah pusat kegiatan masyarakat dalam upaya pelayanan kesehatan dan keluarga berencana seperti Balita dan Ibu Hamil. Waktunya saat datang ke Posyandu juga dibagi menjadi beberapa kloter dan jangan sampai bersamaan. Selain itu Alat yang digunakan berulang bisa disemprot disinfektan terlebih dahulu.

Atik Jaka Sawaldi, selaku Ketua TP PKK Kabupaten dan moderator menegaskan Posyandu bisa melakukan pengecekan melalui buku pink atau buku KIA (Kesehatan Ibu dan Anak), apabila tidak dilaksanakan posyandu bisa melalui grup Whatsapp secara aktif ibu bayi, ibu balita, dan bila ada yang dikonsultasikan.

“Bayi usia sekitar nol sampai enam bulan tidak di Posyandu, tetapi dibawa ke PKD (Pos Kesehatan Desa) atau Puskesmas sekalian imunisasi” tegas Cahyono.

Tempat pelaksanaan posyandu harus di tempat yang biasa dilaksanakan posyandu, PKD atau di tempat terbuka. Semua harus dilaksanakan sesuai dengan Protokol Kesehatan seperti Memakai Masker , Cuci Tangan Pakai Sabun di air mengalir, Cek Suhu Badan, dan Jaga Jarak.

Live Instagram dilihat sekitar 153 orang, yang terdiri dari Kader PKK desa, kecamatan dan masyarakat.

Apabila masyarakat yang belum bisa melihat dan mengikuti live selama satu jam tersebut, bisa melihat kembali di akun instagram Ketua TP PKK Klaten @atik.mira ataupun kalau bertanya bisa langsung di akun instagram PKK Klaten yaitu @pkk_klaten.(red)

Add Comment

Click here to post a comment