Umum

Razia Masker Secara Humanis Di Ngemplak Kalikotes, Sadarkan Warga Akan Pentingnya Pakai Masker

Klaten, saktenane.com

Razia masker pengguna jalan secara humanis di Ngemplak Kalikotes, me sadarkan warga akan pentingnya memakai masker untuk mencegah penyebaran virus corona (Covid-19). Forkopimcam Kalikotes bersama pemerintah desa dan relawan melakukan operasi penertiban penggunaan masker di pertigaan jalan depan Puskesmas Pembantu Ngemplak, Kecamatan Kalikotes, Selasa (07/07/2020) pagi.

Disela sela kegiatan, Camat Kalikotes Seniwati menyampaikan, operasi penertiban penggunaan masker ini dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menggunakan masker di saat pandemi Covid-19.

“Mereka sebenarnya sudah tahu, tetapi belum sadar, banyak yang membawa masker tapi ditaruh di jok motor, kalau ada operasi baru diambil lalu dipakai,” ujarnya.

Lebih lanjut, Seniwati menjelaskan, dalam operasi masker ini masih didapati ada sebagian warga yang tidak mematuhi himbauan pemerintah untuk menggunakan masker, tetapi sebagian besar warga telah mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker saat ke luar rumah.

“Yang belum sadar itu ada saja alasannya, seperti lupa, karena hanya jarak dekat, dan sebagainya. Padahal Pemerintah sudah memberikan bantuan masker ke setiap kepala keluarga (KK),” ucap Seniwati.

Bagi warga yang kedapatan tidak memakai masker saat razia masker, Seniwati mengatakan, Kartu Tanda Penduduk (KTP)-nya akan ditahan, lalu diminta untuk mengambil atau membeli masker. Setelah mereka memakai masker, KTPnya diberikan lagi, tidak ada beaya apapun.

“Sedang bagi yang belum memiliki KTP seperti anak-anak, maka mereka diminta menyanyikan lagu wajib atau menghafalkan Pancasila. Hukuman tersebut diberikan agar anak-anak lebih memahami Pancasila dan hafal lagu-lagu wajib,” ujarnya.

Seniwati menambahkan, dalam razia ini tidak ada pelanggar yang diminta untuk membuat surat pernyataan.

“Kami melakukan ini untuk menyadarkan masyarakat dan kita laksanakan dengan cara yang humanis,” imbuhnya.

Ditempat yang sama, Kepala Desa Ngemplak, Tri Maryani mengatakan, operasi masker ini merupakan tindak lanjut dari Surat Edaran Bupati Klaten dan merupakan upaya sosialisasi agar masyarakat mematuhi protokoler kesehatan taat menggunakan masker.

“Tujuan operasi masker ini untuk memberikan shock therapy, agar warga selalu memakai masker saat keluar rumah. Penggunaan masker ini sangat penting untuk mencegah penyebaran Covid-19,” pungkasnya.(red)