Umum

Jangan Turunkan Masker Ke Dagu

Jakarta, saktenane.com

Memakai masker untuk melindungi diri dari penyebaran Covid-19, jika ingin membuka masker untuk keperluan makan, jangan sampai masker diturunkan ke dagu. Hal itu dikarenakan dagu dan leher merupakan area yang terbuka sehingga bisa dimungkinkan terpapar virus atau bakteri.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto meminta masyarakat menggunakan masker secara benar dan tidak menurunkannya ke dagu.

“Menurunkan masker ke dagu itu sama dengan mencemari bagian dalam masker dengan penyakit yang ada di dagu. Sehingga kalau kita naikkan lagi tidak berikan makna yang baik,” kata Yuri, Minggu (12/07/2020).

Menurut Yuri, apabila terpaksa harus melepaskan masker pada saat beraktivitas, lepaskan saja, jangan sampai menurunkan ke dagu atau leher.

“Kalau memang harus melepas masker, lepas. Jangan sangkutkan di dagu. Karena kuman di dagu akan pindah ke dalam masker kita. Kalau memang akan makan, akan bicara di satu forum, lepas maskernya, bukan turunkan ke dagu,” tandasnya.

Yuri juga menyarankan, agar masyarakat memakai masker yang nyaman untuk dipakai dalam waktu yang lama. Masker yang nyaman, kata Yuri yakni yang memberikan cukup ruang antara masker dengan lubang hidung sehingga tak mengganggu pernapasan.

“Yang tidak nyaman akan membuat orang menjadi tidak bisa bertahan lama menggunakan masker. Oleh karena itu, pilihlah masker yang nyaman,” kata dia.

Selain menggunakan masker secara benar, Yuri mengingatkan masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19 lainnya seperti rajin mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir serta berjaga jarak. (red)