Umum

Operasi Patuh Candi 2020 Dimulai, Pelanggaran Helm Dan Melawan Arus Menjadi Prioritas

Klaten, saktenane.com
Operasi Patuh Candi 2020 dimulai, pelanggaran helm dan melawan arus menjadi prioritas. Apel Gelar Pasukan menandai dimulainya operasi Ops Patuh Candi 2020 di wilayah hukum Polres Klaten. Apel yang dilaksanakan di halaman depan Mapolres Klaten tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Klaten AKBP Edy Suranta Sitepu SIK. MH.,Kamis ( 23/07/2020) pagi.

Untuk peserta upacara terdiri dari Personel Polres, Personel Kodim 0723/Klaten, Satpol PP dan Dishub.

Dalam amanat Kapolda Jateng yang dibacakan Kapolres Klaten menyatakan bahwa Operasi Patuh Candi 2020 akan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya tahun ini selain menertibkan pelanggaran lalu lintas, Operasi Patuh juga akan menertibkan protokol kesehatan terkait covid-19.

Penertiban protokol kesehatan yang akan dilaksanakan bukan tanpa alasan. Sebab sejak masa “Adaptasi Kebiasaan Baru” sebagian masyarakat mulai menjalankan kembali aktifitasnya seperti sedia kala. Kondisi ini membuat lalu lintas kembali dipadati kendaraan umum dan pribadi.

Operasi Patuh Candi 2020 sendiri akan dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia mulai tanggal 23 Juli sampai dengan 5 Agustus 2020 dengan mengedepankan upaya pencegahan dan edukasi. Kemudian juga akan ada tindakan teguran, sosialisasi dan ajakan untuk mentaati aturan lalu lintas, penggunaan masker, aturan jaga jarak dan pemakaian sarung tangan bagi pemotor.

“Operasi kali ini, kita (juga) mengajak masyarakat supaya mematuhi protokol kesehatan guna memutus rantai covid-19.” ujar Kapolres.

Sedangkan untuk penegakan hukum terhadap para pelanggar lalu lintas tetap akan diberlakukan namun dengan porsi yang lebih kecil dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Adapun pelanggaran yang menjadi prioritas antara lain : pelanggaran helm, melawan arus dan kelengkapan kendaraan, ditambah 1 pelanggaran dominan masing-masing Polres.

“Kegiatan preemtif dan peventif itu (masing-masing) 40%, sementara penindakan 20%,” ujarnya.

Kapolres Klaten kemudian menambahkan bahwa kegiatan operasi tersebut akan dilaksanakan jajarannya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan terkait covid-19. Hal itu dilakukan untuk menjaga keselamatan semua pihak baik masyarakat maupun petugas itu sendiri.

Dirinya kemudian menghimbau masyarakat agar selalu mematuhi aturan berkendara dan juga protokol kesehatan yang ada.

Selepas upacara, dilanjutkan kegiatan latpraops bagi personel yang terlibat operasi di Aula Satya Haprabu.
(red)

Add Comment

Click here to post a comment