Umum

Runner Up Lomba Refugia, Desa Balak Optimis Tahun Depan Juara

Klaten, saktenane.com

HUT Kemerdekaan RI Ke-75, Desa Balak, Kecamatan Cawas, Kabupaten Klaten mendapat kado yang indah. Kado tersebut yakni diumumkannya Desa Balak sebagai runner up atau juara 2 Lomba Refugia Tingkat Kecamatan Cawas, seusai upacara bendera di halaman kantor Kecamatan Cawas, Senin (17/08/2020).

Kepala Desa Balak, H Wijiyono Margono mengatakan, pemerintah Desa Balak bersama masyarakat dan petani sudah berusaha maksimal, namun baru berhasil menyabet juara 2 tingkat kecamatan.

“Tujuan utama menanam Refugia adalah untuk mengendalikan hama tanaman, mendapatkan juara itu merupakan bonus tambahan. Tahun besok kita tingkatkan lagi,” ujarnya saat ditemui saktenane.com, Rabu (19/08/2020) pagi.

Menurut H Wijiyono Margono, kelompok tani di Desa Balak antusias menanam Refugia karena sudah merasakan manfaatnya untuk mengendalikan hama tanaman, sehingga hasil panen lebih baik.

“Mereka rajin menyiram saat musim kemarau kemarin. Perawatan Refugia itu mudah, tidak perlu pemupukan, cukup dengan penyiraman saja kalau tidak ada hujan,” ucapnya.

Untuk musim tanam ke-tiga (MT 3), kata H Wijiyono Margono petani di Desa Balak menanam palawija, yakni kedelai dan kacang hijau.

Untuk diketahui, Lomba Refugia Kecamatan Cawas Tahun 2020, setelah dilakukan penilaian, sebagai Juara 1 Desa Pakisan, Juara 2 Desa Balak, Juara 3 Desa Barepan. Sedangkan untuk juara harapan 1 Desa Cawas dan juara harapan 2 desa Tlingsing.

Masing-masing mendapatkan hadiah berupa piala, piagam dan uang pembinaan, untuk juara 1 senilai 2.500.000 rupiah, juara sejumlah 2.000.000 rupiah, juara 3 sebanyak 1.000.000 rupiah. Sedangkan juara harapan 1 senilai 750.000 rupiah dan juara harapan 2 sebesar 500.000 rupiah. Hadiah berupa uang sudah ditransfer ke rekening desa. (red)