Umum

Sri Mulyani: Jangan Ada Klaster Baru Corona di Klaten

Klaten, saktenane.com

Bupati Klaten Sri Mulyani memimpin secara langsung apel gelar pasukan dalam rangka Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Klaten 2020, di Halaman Pendopo Klaten, Senin (21/09/2020).

Dihadapan para pasukan keamanan, Sri Mulyani mewanti-wanti semua pihak untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap tahapan Pilkada agar tidak terjadi klaster Covid-19 baru kaitannya dengan Pilkada Klaten.

Bupati mengungkapkan agar mewujudkan Pilkada Klaten yang lancar dan kondusif, diperlukan kesiapsiagaan dini serta penerapan protokol kesehatan yang ketat.

“Pesta demokrasi ini dengan segala keterbatasannya, kita semuanya harus mematuhi protokol Covid-19 ini yang menjadi tantangan kita bersama, kalau para petugas disiplin menerapkan protokol kesehatan Covid-19 maka tidak akan ada klaster baru dari tahapan-tahapan ini” ungkap Bupati Klaten

Dikatakannya, pesta demokrasi sudah didepan mata. Ia pun meminta agar kesiapsiagaan dini dan deteksi dini harus lebih awal dipersiapkan terlebih bagi jajaran keamanan. Terutama mengantisipasi dan mencegah potensi-potensi terjadinya konflik sejak dini.

“Apel ini menjadi momentum yang baik bagi semua komponen keamanan untuk menyiagakan diri, mengukur kekuatan, dan memetakan potensi gangguan kemanan dan ketertiban yang mungkin ada,” ucapnya.

Sri Mulyani memaparkan, ada lonjakan jumlah nakes dan karyawan di RSUP dr Soeradji Tirtonegoro (RSST) Klaten yang terpapar virus Corona atau COVID-19. Dinas kesehatan menyebut ada 38 orang, terdiri dari dokter, perawat, bidan, tenaga kebersihan hingga keamanan.

“Salah satu penambahan akhir-akhir ini yang agak menonjol adalah dari RSST. Langkah Satgas segera melakukan tracing dan swab,” jelasnya.

Sri Mulyani menjelaskan penambahan menonjol dari RSST tersebut sudah dilaporkan kepada dirinya.

“Saya tekankan agar ini betul-betul jadi pelajaran dan kewaspadaan kita. Agar jangan sampai terjadi klaster baru di RS atau di mana pun,” imbuhnya.

Dalam momentum apel tersebut, kepala daerah Kabupaten Klaten tersebut meminta agar segenap pihak termasuk warga masyarakat turut terlibat dalam menyukseskan Pilkada 2020 yang lancar dan aman dari Covid-19.

“Saya berharap tidak akan ada tambahan klaster, tentunya agar tahapan demi tahapan Pilkada diikuti sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19,” pungkasnya.

Kegiatan apel kesiapsiagaan pasukan dilakukan dengan melibatkan berbagai pihak meliputi TNI-POLRI, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Linmas, Dinas Perhubungan Klaten. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Forkopimda, dan sejumlah pejabat Pemerintah Kabupaten Klaten. (ino)