Umum

18 Pelanggar Protokol Kesehatan Terjaring Operasi Yustisi di Desa Tumpukan

Klaten, saktenane.com

18 Pelanggar protokol kesehatan terjaring dalam operasi yustisi di wilayah Desa Tumpukan, Kecamatan Karangdowo, Kabupaten Klaten, tepatnya di jalan raya karangdowo-posis (Dk. Sambirejo). Kegiatan operasi yustisi penertiban protokol kesehatan ini dilaksanakan pada hari Jum’at (25/09/2020) dimulai pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 09.00 WIB.

Selama 1 jam operasi, terjaring 18 pelanggar yang tidak memakai masker saat melintas dilokasi. Dari 18 orang tersebut 17 orang berusia dewasa dan 1 orang lanjut usia (lansia).

Sedangkan sanksi yang diberikan kepada pelanggar berupa pembinaan dan sanksi sosial. Sanksi sosial berupa push up, menyapu dan menyiangi rumput di pinggir jalan. Pelanggar dipersilahkan untuk memilih salah satu sanksi tersebut.

Untuk pelanggar yang sudah lanjut usia tidak dikenakan sanksi sosial, hanya diberi pembinaan berupa nasehat akan pentingnya memakai masker untuk mencegah penularan Covid-19.

Di lokasi operasi yustisi, Kepala Desa Tumpukan Suyamto mengatakan, dalam operasi yustisi kali ini melibatkan seluruh perangkat desa dan 7 personel gugus tugas Covid-19 Desa Tumpukan.

“Kami sudah berulangkali mensosialisasikan protokol kesehatan kepada masyarakat, sehingga masyarakat sebagian besar sudah sadar pentingnya memakai masker saat keluar rumah,” ujar Suyamto, Jumat (25/09/2020) pagi.

Ia menambahkan, bagi warga desa Tumpukan yang tidak mampu membeli masker, sudah diberikan bantuan masker dari desa. Bahkan bukan hanya sekali saja, namun sudah berulang kali, sampai ada yang 4 kali diberikan masker.

Sementara itu Camat Karangdowo, Tomisila Adhitama menyebutkan, operasi kali ini merupakan putaran yang ke-15 di wilayah Kecamatan Karangdowo. Dalam operasi ini melibatkan kurang lebih 30 personel dari gugus tugas kecamatan, polsek, koramil, puskesmas, FKDM, gugus tugas tingkat desa, perangkat desa dan dibantu oleh para relawan.

” Alhamdulillah kesadaran masyarakat untuk menggunakan masker terus meningkat. Itu terlihat dari semakin berkurangnya pelanggar yang terjaring operasi,” tuturnya.

Menurutnya, operasi yustisi ini akan terus dilaksanakan diwilayah Kecamatan Karangdowo secara rutin baik pagi, siang, sore maupun malam hari untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya mengenakan masker untuk melindungi diri sendiri dan orang lain dari penularan virus corona. (ino)