Umum

Relawan BPBD Desa Ketitang Aktif Dalam Kegiatan Pencegahan Covid-19

Klaten, saktenane.com

Relawan BPBD Desa Ketitang aktif dalam kegiatan pencegahan Covid-19. Hal ini terlihat saat digelar operasi yustisi pendisiplinan protokol kesehatan di jalan depan kantor Desa Ketitang, Kecamatan Juwiring, Kabupaten Klaten, Jum’at (25/09/2020) pagi.

Dalam operasi yustisi tersebut nampak 8 orang relawan BPBD Ketitang bergabung dengan gugus tugas Covid-19 Kecamatan Juwiring, jajaran Polsek Juwiring, Koramil, Puskesmas, Pensosmas (penyuluh sosial masyarakat) dan relawan yang lain.

Kepala Desa Ketitang Yuliadi menyampaikan, ia sangat terbantu dengan adanya relawan BPBD Desa Ketitang. Dalam segala kegiatan sosial kemasyarakatan relawan desa ini selalu terlibat.

” Dengan adanya pandemi Covid-19 ini, para relawan secara rutin mengadakan penyemprotan disinfektan di wilayah,” ujar Yuliadi.

Ia menambahkan, setelah kegiatan operasi yustisi ini, relawan juga akan melaksanakan sosialisasi di kampung kampung untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang protokol kesehatan.

Sedangkan disaat musim penghujan tiba, menurut Yuliadi, relawan juga selalu siaga untuk membantu masyarakat apabila terjadi bencana.

“Peralatan juga sudah siap, ada chainsaw, tali tambang, lampu, genset dan lainnya untuk jaga-jaga kalau ada pohon tumbang,” ungkapnya.

Sementara itu disela-sela operasi yustisi, Kasi Trantib Kecamatan Juwiring, Yulianto mengatakan, operasi yustisi tahap 1 di wilayah Kecamatan Juwiring akan dilaksanakan di 19 desa.

” Untuk tahap 1 ini, kami lebih fokus untuk sosialisasi. Jadi untuk sanksi bagi pelanggar, kami berikan sanksi sosial saja, belum pada tingkat penahanan KTP,” ucapnya.

Ia menambahkan, kalau besok sudah pada tahap yang kedua, mau tidak mau akan diadakan tindakan tegas dengan melakukan penahanan identitas diri sesuai Perbup 40/2020. (ino)