Wisata

Desa Pandanan Kembangkan Agro Wisata Telaga Pandansari

Klaten, saktenane.com

Desa Pandanan kembangkan agro wisata Telaga Pandansari. Destinasi wisata yang berada di tepi jalan Pakis-Daleman ini akan digarap serius oleh pemerintah Desa Pandanan, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Klaten.

Kepala Desa Pandanan Sri Mulatsih menjelaskan, agro wisata yang menempati lahan seluas 4,5 hektar ini nantinya akan dibangun kolam renang dewasa, kolam keceh untuk anakanak, pemancingan, restoran dan kebun jambu kristal.

“Tahun 2021 akan kami anggarkan dari APBDes sebesar 400 juta rupiah untuk membangun agro wisata ini,” ungkap Sri Mulatsih, Jumat (25/09/2020).

Lebih lanjut, Sri Mulatsih mengatakan, dibangunnya agro wisata ini disamping nantinya untuk menghasilkan pendapatan asli desa (PAD), juga untuk pemberdayaan masyarakat dan mempromosikan UMKM setempat.

” Nantinya akan menyerap tenaga kerja yang lumayan banyak, sehingga bisa menekan angka pengangguran di desa, ” ucapnya.

Ia memaparkan, untuk kebun jambu saat ini sudah mulai berbuah, wisatawan bisa memilih dan memetik sendiri kemudian baru ditimbang untuk dibawa pulang.

“Buah jambunya manis-manis dan dipupuk dengan pupuk organik tidak menggunakan pupuk kimia maupun pestisida,” jelasnya.

Sedangkan untuk kolam pemancingan, menurut Sri Mulatsih, karena kemarin di Kecamatan Wonosari angka positif Covid-19 cukup tinggi, kolam untuk sementara ditutup dulu untuk menghindari merebaknya Covid-19.

Di lokasi agro wisata Telaga Pandansari, Camat Wonosari Mochammad Nurrosyid menyatakan, ia sangat mendukung program Desa Pandanan untuk mengembangkan agro wisata ini.

“Lokasinya strategis, dan kondisi alamnya juga sudah mendukung, tinggal memoles sedikit pasti akan jadi destinasi wisata yang ramai pengunjung,” tuturnya.

Camat Wonosari berharap, agro wisata ini akan menciptakan lapangan kerja baru dan tentu saja mensejahterakan masyarakat setempat. (ino)

Add Comment

Click here to post a comment