Umum

Desa Troketon Sudah 5 Kali Mengadakan Operasi Masker

Klaten, saktenane.com

Dalam rangka memberikan sosialisasi dan edukasi tentang pentingnya protokol kesehatan dalam menghadapi era adaptasi kebiasaaan baru, pemerintah Desa Troketon, Kecamatan Pedan, Kabupaten Klaten sudah 5 kali mengadakan operasi masker.

Kepala Desa Troketon, Sunaryo menyampaikan, dengan kesadaran kepala desa di wilayah Kecamatan Pedan, maka diseluruh desa mengadakan operasi masker dalam rangka sosialisasi dan edukasi protokol kesehatan menghadapi era adaptasi kebiasaan baru.

“Di Desa Troketon direncanakan 6 kali operasi masker. Kali ini yang kelima, berlokasi di Dk. Drangsang. Disini merupakan wilayah perbatasan dengan Desa Cetan, Kecamatan Ceper,” ungkap Sunaryo, Kamis (01/10/2020)pagi.

Ia menjelaskan, untuk operasi masker yang pertama kali dilaksanakan di persimpangan besar selatan kantor desa Troketon yang merupakan wilayah perbatasan dengan desa sekitar.

“Untuk yang kedua, ketiga dan keempat dilaksanakan di jalan depan kantor Desa Troketon. Sedangkan yang keenam rencananya di depan SMP,” terang pak kades.

Sedangkan, mengenai sanksi yang diberikan terhadap pelanggar, Sunaryo menyebutkan, sanksi pertama hanya peringatan dan diberi masker. Namun apabila dalam operasi masker berikutnya, kedapatan tidak memakai masker lagi, diberi sanksi kerja sosial, bersih-bersih lingkungan sekitar dan diberi masker.

“Kalau melanggar yang ketiga kalinya diberikan sanksi bersih-bersih dan disuruh membeli masker dulu. Terserah mau beli masker dimana, yang penting membeli dan langsung dipakai,” tandasnya.

Ia menambahkan, operasi masker ini sifatnya edukasi akan pentingnya memakai masker dan menaati protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19 agar pandemi cepat berlalu.

Sementara itu Camat Pedan Marjana ditempat terpisah membenarkan adanya operasi masker di Desa Troketon yang dilaksanakan oleh pemerintah desa dan gugus tugas Covid-19 tingkat desa.

“Hari ini ada operasi masker di 2 desa yakni Desa Troketon dan Desa Bendo oleh gugus tugas desa. Sedangkan ada 2 lokasi yang lain, yakni di depan Mapolsek Pedan dan pertigaan arah Karangdowo dilaksanakan oleh gugus tugas kabupaten dan tim gabungan,” jelas Marjana, Kamis (01/10/2020). (ino)