Umum

Desa Mrisen Bangun Gedung Olahraga Terbesar Se-Kecamatan Juwiring

Klaten, saktenane.com

Pemerintah Desa Mrisen, Kecamatan Juwiring, Kabupaten Klaten membangun gedung olahraga untuk memberikan sarana dan prasarana bagi warga masyarakat untuk berolahraga.

Pembangunan gedung seluas 1000 meter persegi ini direncanakan menelan beaya kurang lebih Rp. 2.150.000.000,- ( Dua Miliar Seratus Lima Puluh Juta Rupiah). Anggaran tersebut berasal dari dana desa dan bantuan keuangan yang bersifat khusus dari kabupaten.

Sekretaris Desa Mrisen, Supoyo mengatakan, anggaran untuk pembuatan gedung ini dianggarkan secara bertahap dari APBDes Tahun 2018 sampai dengan Tahun 2021.

” Anggaran multiyears, untuk tahun 2021 rencananya dianggarkan 600 juta rupiah. Dari dana desa 400 juta rupiah dan dari bantuan keuangan khusus kabupaten sebesar 200 juta rupiah,” ujar Supoyo, Selasa (06/10/2020).

Supoyo menjelaskan, bangunan gedung olahraga ini merupakan gedung olahraga terbesar se-Kecamatan Juwiring. Luas dalam bangunan 1000 meter persegi, panjang 50 meter dan lebar 20 meter, sedangkan tinggi bangunan 12 meter.

” Sedangkan teras gedung, luasnya 60 meter persegi, 12 meter x 5 meter. Kedepan juga akan dibangun konsul samping, sehingga nantinya bisa digunakan untuk gedung pertemuan atau resepsi juga,” ungkapnya.

Ia menyebutkan, gedung yang megah ini sudah terpasang listrik PLN dengan kapasitas daya sebesar 11 ribu watt (11.000 VA), sehingga apabika digunakan untuk pertemuan maupun resepsi pernikahan sudah mencukupi.

” Selain untuk olahraga juga akan disewakan untuk gedung pertemuan, karena lokasi yang strategis. Pengelolaannya diserahkan kepada BUMDes,” jelasnya.

Ia berharap selain untuk menyehatkan masyarakat, gedung ini nantinya juga mampu menyumbangkan pendapatan asli desa (PAD) bagi Desa Mrisen.

” Untuk 11 kios yang ada disamping gedung ini juga sudah tersewa semua oleh warga,” imbuhnya. (ino)