Umum

Pasca Penetapan UU Cipta Kerja, Pemerintah Daerah Diminta Menjaga Kondusivitas

Klaten, saktenane.com

Menteri Koordinator Politik Hukum dan Ham (Menko Polhukam) RI meminta forkopimda di setiap daerah untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Hal tersebut diungkapkan saat rapat koordinasi terkait penjelasan Undang-Undang Cipta Kerja dari Pemerintah Pusat kepada seluruh pimpinan daerah, termasuk Pemerintah Kabupaten Klaten dan Forkopimda Klaten secara virtual, Rabu (14/10/2020) pagi.

Menyikapi adanya berbagai unjuk rasa di berbagai daerah, Menko Polhukam RI Mahfud MD mengungkapkan peran Forkopimda di daerah-daerah diperlukan untuk mewujudkan kondusivitas.

“Tugas kita adalah menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat dengan cara memberi pengertian tentang latar belakang Undang-Undang Cipta Kerja, tentang materi yang sebenarnya dibandingkan dengan hoaks, dan tentang manfaat dari apa yang diperoleh dari Undang-Undang Cipta Kerja,” ujar Mahfud MD dalam arahannya.

Ia mengungkapkan bahwa unjuk rasa dalam rangka menyampaikan aspirasi telah diatur dan dilindungi oleh undang-undang yang berlaku. Namun, tindakan-tindakan anarkis dalam unjuk rasa tidak diperbolehkan.

Beberapa tindakan anarkis yang dijumpai diantaranya seperti membakar (fasilitas-fasilitas), membawa bom molotov, membawa senjata tajam dan sebagainya.

“Yang aspiratif unjuk rasa menyampaikan aspirasi, tetapi yang anarkis itu memang harus ditangani,” pesannya.

Menindaklanjuti arahan tersebut, Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Klaten Sujarwanto Dwiatmoko dan Forkopimda Klaten akan selalu berkordinasi untuk menjaga kondusivitas di Klaten.

Termasuk ia meminta agar segenap pihak untuk tidak sembarangan menyebarluaskan informasi yang sumbernya tidak jelas.

“Hari ini sudah dapat pengarahan, mohon nanti kita berjalan seperti itu dan saya harapkan semua SKPD dan forkopimda hanya menyampaikan informasi yang sumbernya pasti, maka kalau ada informasi lain-lain yang tidak pasti jangan dilempar lagi, mari kita jaga kondusivitas klaten dengan baik,” ungkap Pjs Bupati Klaten.

Add Comment

Click here to post a comment