Umum

Akibat Pandemi, Usaha Pande Besi di Desa Segaran Delanggu Lesu

Klaten, saktenane.com

Pandemi Covid-19 menyebabkan keterpurukan di sektor ekonomi, terutama sektor UMKM (usaha mikro kecil menengah). Tak terkecuali usaha pande besi di Desa Segaran, Kecamatan Delanggu, Kabupaten Klaten. Para perajin pande besi ini juga turut merasakan dampak pandemi Covid-19.

Kepala Desa Segaran, Budi Raharja mengatakan, usaha pande besi saat pandemi ini mengalami penurunan omset penjualan yang cukup drastis.

“Daya beli masyarakat menurun, otomatis produksi dan penjualan juga menurun. Hal ini berdampak terhadap penghasilan para perajin disini,” ujarnya, Senin (19/10/2020).

Kades Segaran menyebutkan, di Desa Segaran ada kurang lebih 75 perajin pande besi yang tersebar di Dk. Ngledok, Sorotakan, Ceraken dan Setono.

” Perajin disini memproduksi sabit, pisau, sekop, erokerok (serok goreng) dan alat rumah tangga lainnya,” ucap Budi Raharja.

Untuk pemasaran produk pande besi Desa Segaran, menurut Budi Raharja, pemasaran sudah tersebar di pasar-pasar tradisonal Pengging, Gawok, Jatinom, Pedan dan Kartasura.

” Bahkan sampai luar jawa, yakni Palembang, Lampung dan Sulawesi,” ungkapnya.

Untuk memulihkan kondisi usaha pande besi di Desa Segaran, pemerintah Desa Segaran berupaya untuk mengajukan bantuan UMKM dari pemerintah pusat. (ino)