Umum

Relawan RCTD Basmi Sarang Tawon Vespa Affinis di Patoman

Klaten, saktenane.com

Relawan RCTD (Reaksi Cepat Tanggap Darurat) membasmi sarang tawon Vespa affinis di Dk. Patoman RT 02 RW 05, Desa Kedungampel, Kecamatan Cawas, Kabupaten Klaten, Minggu (18/10/2020) sekira pukul 20.00 WIB.

Tawon ini disebut juga lesser banded hornet oleh para ilmuwan, karena perutnya ada lingkaran kuning hitam. Nama lokalnya adalah Tawon Ndas Tawon ini umum ada di kawasan tropis dan subtropis Asia, dari Sri Lanka, Hong Kong, Taiwan, Indonesia sampai Filipina. Ada 11 subspesies, yang di Indonesia ada Vespa affinis indosinensis dan Vespa affinis moluccana.

Tawon ini punya habitat di hutan dataran rendah, namun karena hutan makin berkurang yang disebabkan pembangunan oleh manusia, akibatnya tawon Vespa Affinis membuat sarang di atap rumah-rumah dan hidup terlalu dekat dengan manusia, sehingga risiko disengat pun menjadi meningkat. Karena hewan sosial, tawon Vespa juga bisa menyerang secara berkelompok.

Peneliti dari Pusat Penelitian Biologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Hari Nugroho, mengatakan bulan Agustus-Oktober adalah musim berkembang biak tawon Vespa Affinis. Ini yang menyebabkan banyak serangan tawon di Klaten, dan pernah terjadi sebelumnya. Hal ini pula yang terjadi di atap rumah rumah warga Dk. Patoman, Srimanto dan Cipto Sunarno.

Melihat diatap rumahnya ada sarang tawon, kedua warga tersebut melaporkan kepada Ketua RT dan Ketua RW setempat. Selanjutnya ketua RW menghubungi relawan RCTD untuk meminta bantuan membasmi sarang tawon tersebut.

Anggota Tim Relawan RCTD Toni mengatakan, setelah siang tadi sekretariat RCTD mendapatkan laporan masyarakat bahwa di Dk. Patoman ada sarang tawon Vespa Affinis yang dianggap membahayakan warga, maka malam ini Relawan RCTD melaksanakan OTT (Operasi Tangkap Tawon).

“Tadi siang ada permintaan warga sini untuk melakukan OTT, sehingga kami melakukan OTT malam ini. Disini didukung oleh 8 personel, katena juga berbarengan OTT di beberapa tempat di wilayah Temuwangi Pedan,” ungkapnya.

Ia menyebutkan, anggota relawan yang ikut OTT di Patoman, yakni, Jangkung, Mbah Tamiyo, Mbah Yono, Sofyan, Parno, Eko Ruwet, Mas Kuris dan Toni. RCTD dalam melaksanakan OTT tidak memungut beaya apapun (gratis).

” Apabila besok ada orang yang mengaku anggota RCTD kesini untuk minta bayaran, laporkan kepada kami,” ujar Toni.

Sementara itu Ketua RW 05 Dk. Patoman, Saimin Siswo Martono mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Relawan RCTD yang telah membasmi sarang tawon di rumah warganya, sehingga warga bisa tenang menjalani kehidupan sehari-hari tanpa rasa takut tersengat tawon. (ino)

Add Comment

Click here to post a comment