Politik

ABY-HJT Dinobatkan Menjadi Warga Kehormatan Sanggar Seni Bandung Bondowoso

Klaten, saktenane.com

Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Klaten nomor urut 3, Arif Budiyono (ABY) dan Harjanta (HJT) dinobatkan sebagai warga kehormatan Sanggar Seni Bandung Bondowoso Dukuh Gondangan, Desa Gondangan, Kecamatan Jogonalan, Kabupaten Klaten pada Sabtu (31/10/2020) malam.

Penobatan ABY dan HJT sebagai warga kehormatan ini dilakukan saat pentas kethoprak yang digelar sanggar seni pimpinan Sumarsono Puwoatmojo ini. Malam itu, Sanggar Seni Bandung Bondowoso menggelar pentas kethoprak dengan lakon “Ki Ageng Mangir Wonoboyo, Turidhasmara Sang Pamikatsih”.

Pimpinan Sanggar Seni Bandung Bondowoso, Marsono Purwoatmojo berharap, dengan penobatan sebagai warga kehormatan ini, pasangan ABY – HJT saat menjadi Bupati dan Wakil Bupati Klaten besok mau memperhatikan dan peduli terhadap kesenian dan kebudayaan tradisional.

“Seni budaya tradisional kita itu adalah benteng terakhir pertahanan dari gempuran nilai-nilai asing yang tidak sesuai dengan nilai nilai luhur bangsa kita. Maka saya minta, besok kalau sudah menjadi Bupati dan Waki Bupati Klaten, Mas ABY maupun Pak Harjanta mau memperhatikan dan peduli terhadap seni dan budaya tradisional kita,” harap Dosen Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta ini.

Sementara itu, Arif Budiyono (ABY) mengaku bangga usai dinobatkan sebagai warga kehormatan Sanggar Seni “Bandung Bondowoso” ini.

ABY berjanji, kelak kalau menjadi Bupati Klaten akan peduli dan memperhatikan berbagai seni dan budaya yang ada di kabupaten ini.

“Saya siap membantu dan mendukung upaya pelestarian dan pengembangan berbagai seni dan budaya yang ada. Besok kalau saya sudah jadi bupati, insya Allah saya akan datang ke sini lagi, dan kita main ketoprak bersama-sama,” ujarnya yang disambut tepuk tangan warga yang hadir.

Sekadar diketahui, Sanggar Seni Bandung Bondowoso ini sudah puluhan tahun berkiprah mengembangkan kebudayaan dan kesenian tradisional. Terutama kesenian dan kebudayaan tradisional Jawa, seperti wayang kulit, wayang orang, kethoprak, karawitan, dan lainnya. Bahkan, Sanggar Seni Bandung Bondowoso ini juga memiliki grup kesenian reog. (ino)