Umum

HKTI Harus Bertekad Menjadikan Klaten Sebagai Penyangga Pangan Nasional

Klaten, saktenane.com

HKTI Kabupaten Klaten harus bertekad menjadikan Kabupaten Klaten sebagai penyangga pangan nasional kembali. Hal itu disampaikan oleh Ketua Dewan Pimpinan Daerah Himpunan Kerukunan Tani ( DPD HKTI) Provinsi Jawa Tengah, Abdul Kholiq Arif, dalam sambutannya saat melantik dan mengukuhkan Pengurus Dewan Pimpinan Cabang Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (DPC HKTI) Kabupaten Klaten, Sabtu (07/11/2020).

“Kabupaten Klaten dahulu merupakan kabupaten penyangga pangan nasional, namun belakangan produksi cenderung menurun,” ungkap Abdul Kholiq Arif.

Ia menyebutkan, meningkatnya hama dan penyakit tanaman menjadi salah satu penyebab menurunnya produksi pertanian.

“Kedepan kita intensifkan pelatihan-pelatihan remediasi lahan, sehingga lahan tersebut bisa menjadi lebih produktif,” ujarnya.

Lebih lanjut, Abdul Kholiq mengingatkan, agar dalam pelatihan nantinya tidak hanya sekedar bagaimana menaikkan PH tanah, karena komponen dalam tanah itu tidak hanya dengan parameter PH saja.

“Banyak faktor yang menentukan kesuburan tanah dan juga untuk menekan hama dan penyakit. Semisal C Organiknya bagaimana, dan juga mineral-mineral yang ada dalam tanah tersebut juga menentukan,” jelasnya.

Acara pelantikan dan pengukuhan DPC HKTI Kabupaten Klaten ini dilaksanakan di Cabe-Cabe Resto Delanggu, milik salah satu pengurus HKTI Klaten yang juga seorang seniman, Agung Bakar.

Adapun pengurus DPC HKTI Kabupaten Klaten yang dilantik, diantaranya Hapsoro sebagai Ketua, Ery Karyatna sebagai Sekretaris dan Sri Gunadi sebagai Bendahara. (ino)