Umum

Merapi Siaga, Polres Klaten Gelar Apel Kesiapsiagaan Tanggap Bencana

Klaten, saktenane.com

Aktivitas Gunung Merapi terus meningkat, dan saat ini memasuki pada level tiga atau Siaga. Menindaklanjuti hal itu jajaran Polres Klaten langsung melakukan apel siaga kesiapsiagaan tanggap bencana di halaman Mapolres Klaten, Jumat (06/11/2020).

Apel siaga tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Klaten AKBP Edy Suranta Sitepu, dan diikuti ratusan personel jajaran Polres Klaten.

Dalam sambutannya, Kapolres Klaten minta semua petugas harus siap apabila sewaktu waktu Gunung Merapi mengalami erupsi.  

“Jumlah peralatan penanggulangan bencana alam harus sudah dipersiapkan sejak hari ini, dalam menghadapi bencana erupsi merapi semua petugas disiagakan,” jelasnya.

Sementara ada tiga desa di lereng Gunung Merapi, yakni di Kecamatan Kemalang yang diketahui rawan bencana erupsi Merapi. Tiga desa tersebut yakni Desa Balerante, Sidorejo, dan Desa Tegalmulyo.

“Yang harus kita waspadai adalah, dimana Kabupaten Klaten terdapat 3 dusun di Desa Sidorejo dan 3 dusun di Desa Balerante Kecamatan Kemalang yang masuk sebagai kawasan rawan bencana III erupsi gunung Merapi,” ujar AKBP Edy Suranta Sitepu.

Kepada awak media, Kapolres Klaten AKBP Edy Suranta Sitepu mengatakan, apel ini bertujuan untuk mengecek kesiapan Polres Klaten dalam menghadapi kejadian bencana alam. Diantaranya  dengan pengecekan  peralatan dan mengecek kemampuan personel.

” Saat ini warga yang ada di wilayah Kecamatan Kemalang sudah siap bila sewaktu waktu terjadi erupsi. Beberapa waktu yang lalu petugas kepolisian sudah melakukan pengecekan selther penampungan pengungsi,” pungkasnya. (ino)