Umum

Bulan Bakti Agraria, Jokowi Bagikan Satu Juta Sertifikat, Termasuk Klaten

Klaten, saktenane.com

Presiden Joko Widodo membagikan satu juta sertifikat tanah dalam rangka peringatan bulan bakti agraria dan tata ruang. Pembagian sertifikat dilakukan di 31 provinsi dan 201 Kabupaten/Kota, salah satunya adalah Kabupaten Klaten. Kegiatan tersebut dilakukan di Istana Negara secara simbolis dan Kantor Pertanahan Kabupaten Klaten mengikuti melalui video conference.

“Dalam rangka bulan bakti agraria dan tata ruang, hari ini saya akan membagikan satu juta sertifikat tanah,” ujar Jokowi saat memberikan sambutan secara virtual , Senin (9/11/2020).

Jokowi menyampaikan, penyerahan satu juta sertifikat ini dalam rangka Bulan Bakti Agraria. Jumlah sertifikat yang diserahkan relatif lebih banyak jika dibandingkan beberapa tahun lalu.

“Satu juta sertifikat ini sangat besar sekali, mengingat sebelum ada program PTSL, setiap tahunnya hanya 500 ribu sertifikat se-Indonesia,” ungkapnya.

Menurut Jokowi, pemerintah sudah bekerja keras dan sudah memenuhi target, sehingga jumlah tanah yang tersertifikat mencapai jutaan setiap tahunnya.

“Hasil kerja keras kita semua, tahun 2017 bisa mencapai 5,4 juta sertifikat, tahun 2018 sejumlah 9,3 juta dan tahun 2019 sebanyak 11,2 juta sertifikat. Tahun ini targetnya kita kurangi menjadi 7 juta sertifikat, karena ada pandemi Covid-19,” tutur Presiden.

Dalam kegiatan video conference ini, Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Klaten, Agung Taufik Hidayat menjelaskan, bidang tanah yang ada di Kabupaten Klaten kurang lebih adalah 664 ribu.

“Bidang tanah yang sudah terdaftar sebanyak 140 ribu, kemudian bidang tanah yang belum bersertifikat sebanyak14.380. Untuk tahun 2020 target kita semula 26 ribu namun setelah ada reproduksing target tercapai 12.916 sertifikat,” jelasnya. ( Sri)

Add Comment

Click here to post a comment