Umum

RSD Bagas Waras Raih Predikat Terbaik Dalam Pelayanan KB

Klaten, saktenane.com

Kabar gembira datang dari Rumah Sakit Daerah (RSD) Bagas Waras Klaten pada momentum perayaan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-56 di Gedung RSPD Kabupaten Klaten, Kamis (12/11/2020).

Direktur RSD Bagas Waras Klaten, Limawan Budiwibowo secara langsung menerima piagam penghargaan pelayanan KB Terbaik untuk Rumah Sakit Tipe C Provinsi Jawa Tengah dari Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jawa Tengah yang diserahkan oleh Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Tengah, Martin Suanta.

“Kami ucapkan selamat dan apresiasi yang luar biasa RSD Bagas Waras Klaten yang telah menjadi terbaik I Rumah Sakit Tipe C di Provinsi Jawa Tengah 2020. Dengan hal ini semoga terus memotivasi jajaran rumah sakit agar tetap aktif dalam memberikan pelayanan KB baik pasca persalinan, pasca keguguran maupun KB interval seperti IUD, implan, termasuk MOW. Inovasi yang dilakukan luar biasa tidak hanya di pelayanan tetapi juga di komunikasi, informasi dan Edukasi (KIE) kepada masyarakat terkait kesehatan reproduksi juga. Kedepan semoga terus dikembangkan sehingga RSD Bagas Waras Klaten semakin meningkat dalam melayani KB terutama jika bisa maksimal dalam pelayanan MOW dan MOP serta bisa menjadi rujukan dari kabupaten Klaten dan Kabupaten Kota lainnya,” ujar Martin Suanta.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Tengah tersebut mengatakan, peran Rumah Sakit dalam program Keluarga Berencana adalah dengan berperan aktif dalam mendukung dan meningkatkan pelayanan KB pasca persalinan, pasca keguguran serta pelayanan KB interval melalui MKJP (Metode Kontrasepsi Jangka Panjang). KB pasca persalinan dan KB pasca keguguran sangat strategis dalam menurunkan angka kematian ibu, angka kematian bayi dan mencegah terjadinya stunting.

“Namun beberapa tahun terakhir ada kecenderungan pelayanan KB dirumah sakit menurun, terutama pada masa JKN yang mana pelayanan KB banyak di FKTP atau (Fasilitas Kesehatan Tingkat pertama),” ungkapnya.

Ia menambahkan, berdasarkan kondisi tersebut maka di tahun ini BKKBN jateng, Dinkes Jateng, Persi Jateng, mencoba kembali melakukan revitalisasi Pelayanana Keluarga Berencana Rumah Sakit (PKBRS) melalui lomba PKBRS tingkat provinsi Jateng 2020, dimana terbaik provinsi nanti akan dikirim ke tingkat nasional.

Atas penghargaan tersebut, Limawan Budiwibowo mengaku bersyukur kepada Allah bisa mendapatkan penghargaan dari BKKBN dan akan terus meningkatkan pelayanan KB di RSD Bagas Waras Klaten.

Tak ketinggalan, Pjs Bupati Klaten Sujarwanto Dwiatmoko, juga mengucapkan selamat kepada Rumah Sakit Bagas Waras, atas penghargaan dari BKKBN Provinsi bersama PERSI, Dinas Kesehatan dan BP3AKB provinsi yang telah memberikan penghargaan pelayanan KB di rumah sakit Bagas Waras, yang merupakan rumah sakit kebanggaan Klaten. (ino)