Wisata

Banyak Miniatur Khas Klaten di Hutan Gergunung

Klaten, saktenane.com

Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Klaten Sujarwanto Dwiatmoko berkesempatan meninjau RTH Hutan Kota Gergunung sekaligus melakukan penanaman pohon di kawasan tersebut bersama Forkopimda, Sekda, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Klaten, Jumat (13/11/2020).

Setidaknya terdapat puluhan pohon yang ditanam pagi itu. Beberapa pohon yang ditanam meliputi Pohon Pule, Pohon Ketepeng kencana, Pohon Sepatu Dea dan Pohon Bougenvil.

Di sela-sela melakukan penanaman pohon, Pjs Bupati Klaten, Sujarwanto Dwiatmoko menyempatkan berkeliling meninjau miniatur-miniatur yang ada di RTH tersebut.

“Ini kerajinan Payet dari Karanganom ya, bagus ini ada miniaturnya. Ada banyak miniatur khas Klatennya,” ujar Sujarwanto sembari meninjau kondisi RTH bersama Forkopimda dan sejumlah pejabat Pemkab Klaten.

Terdapat puluhan miniatur yang menjadi ciri khas Klaten seperti minatur Candi Sojiwan khas Prambanan, Cerobong khas Pabrik Gula Gondang Jogonalan, Payet dari Kecamatan Karanganom, Menara Apem khas Jatinom, Ikan Nila khas Polanharjo, Padi khas Delanggu dan masih banyak lainnya.

Miniatur tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat yang mengunjungi RTH, bahkan banyak diantaranya yang melakukan swafoto.

Salah satunya adalah Tika (24) masyarakat Gergunung, Klaten Utara yang pada kesempatan pagi itu sedang berolahraga di kawasan RTH bersama ibunya.

“Disini banyak miniaturnya, banyak yang suka berfoto disana dan bagus tempatnya. Sekarang taman ini sudah mulai banyak pohon- pohon juga” ungkapnya.

Kawasan RTH Hutan Kota Gergunung turut menyediakan sarana untuk cuci tangan pakai sabun bagi pengunjung. Selain itu tempat sampah disediakan secara memadai di berbagai lokasi RTH untuk menjaga kebersihan lokasi.

Selain itu, di kawasan RTH tersebut banyak disediakan tempat duduk, serta pada jalan setapak di kawasan tersebut, turut dilengkapi dengan jalur khusus bagi penyandang disabilitas (ino)

Add Comment

Click here to post a comment