Umum

Pemkab Klaten Bersama PG Gondang Baru Bakal Kembangkan Agriculture Estate

Klaten, saktenane.com

Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Klaten, Sujarwanto Dwiatmoko memberikan masukan terkait upaya pengembangan agriculture estate dengan turut melibatkan PG Gondang Baru.

Hal itu disampaikan saat diskusi bersama yang dilakukan pemerintah Kabupaten Klaten dengan Manager PG Gondang Baru & Tasikmadu Walyanto di Homestay Gondang Baru, Jumat (13/11/2020) pagi.

Pjs Bupati Klaten, Sujarwanto mengatakan, PG Gondang Baru memiliki keterbukaan dan siap untuk berkolaborasi dengan pemerintah daerah.

“Tadi saya memberikan masukan, karena memang ada keterbukaan dari PTPN IX, khususnya yang ada di PG Gondang Baru ini. Ada keterbukaan untuk siap untuk mengembangkan (agriculture estate) bersama pemerintah daerah,” ujarnya.

Sujarwanto berharap, keberadaan PG Gondang Baru nantinya dapat menjadi tempat untuk memakmurkan petani di Klaten. Termasuk dengan melakukan manajemen pada para petani dalam memproduksi hasil pertaniannya.

“Disini bisa kembali menjadi me-manage petani untuk melakukan produksi, tidak harus tebu, tapi segala macam produk unggulan, bisa beras organik dan juga produk hortikultura, produk sayuran dan buah buahan,” ungkapnya.

Menurut Sujarwanto, Kabupaten Klaten dengan PG Gondang Baru nantinya akan memiliki agricultural estate dalam rangka memakmurkan petani.

“Nanti petani bisa melakukan akses produksinya ke pasar, sehingga dengan demikian harga mereka tidak terombang-ambing oleh harga pada saat panen raya, dimana tengkulak sering membeli dengan harga murah. Jadi petani ada kepastian harga produk pertaniannya,” tandasnya.

Sementara itu, Manager PG Gondang Baru & Tasikmadu, Walyanto mengaku bahwa pihaknya terbuka untuk bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Klaten.

“Bahwa kuncinya nanti adalah kolaborasi, jadi kita prinsipnya sangat welcome untuk kerjasama dengan pemerintah daerah. Tadi sudah disampaikan bahwa frame besarnya adalah bagaimana agriculture ini bisa segera diwujudkan tentu dengan memberdayakan kelompok tani yang ada di wilayah,” jelasnya.

Walyanto pun turut berharap agar PG Gondang Baru nantinya dapat menjadi pusat dari agriculture di wilayah Klaten.

Sebagai informasi, PG Gondang Baru yang terletak di Kecamatan Jogonalan, Kabupaten Klaten tersebut, telah ada semenjak tahun 1860 dan mengolah hasil pertanian dari para petani Klaten utamanya tebu. Namun demikian PG Gondang Baru telah berhenti beroperasi semenjak 2017 dan kini salah satunya difungsikan menjadi museum gula. (ino)

Add Comment

Click here to post a comment