Umum

Pedagang Pasar Gede Tempati Pasar Sementara

Klaten, saktenane.com

Sejumlah pedagang Pasar Gede mulai relokasi ke Pasar Sementara. Sesuai dengan edaran dari Dinas Perdagangan Koperasi dan UMKM Klaten,Senin (16/11/2020) para pedagang sudah mulai melakukan persiapan pindah ke pasar sementara.

Mereka nampak mempersiapkan kebutuhan dagang dan merapikan kios-kiosnya. Salah satunya adalah Kati (55), perempuan paruh baya yang berdagang makanan di Pasar Gede tersebut mengatakan sudah siap dan tidak keberatan jika direlokasi di Pasar Sementara .

“Tidak masalah kalau dipindahkan disini yang penting sudah diberi tempat dan besok akan diganti dengan yang lebih bagus di Pasar Gede kan sudah di rehab,” ungkap Kati.

Pedagang lainnya yang saat itu tengah menata kios di pasar sementara adalah Hepi (38). Penjual pakaian tersebut mengatakan bahwa setelah mendapatkan nomor kios langsung beres-beres menata kios sesuai dengan keperluan mereka.

”Saya dapat nomor langsung beres-beres kios jatah ini,” ujarnya.

Lurah Pasar Gede, Baharuddin mengatakan bahwa 90 persen pedagang sudah siap untuk direlokasi ke Pasar Sementara. Pasar Sementara ini terbagi menjadi beberapa blok. Terkait pedagang oprokan, Baharuddin menambahkan, mereka disediakan tempat khusus di bagian belakang pasar. Pada pagi hari pedagang oprokan dapat menggunakan bagian depan pasar namun setelah jam 8 bagian tersebut akan dialihfungsikan sebagai lahan parkir. Baharuddin juga mengatakan untuk pembagian kios sendiri diberi sekat-sekat dan diberi nomor untuk posisi penempatan.

“Untuk pembagian kiosnya disesuaikan berdasarkan posisi kios semula. Kiosnya ukurannya 2×2,5m dan diberi sekat-sekat,” jelasnya.

Untuk fasilitas Umum di Pasar Sementara saat ini telah tersedia toilet, mushola dan fasilitas protokol Kesehatan seperti tempat cuci tangan dan handsanitizer. (ino)