Umum

IPPK Klaten Peringati Hari Guru Nasional 2020

Klaten, saktenane.com

IPPK Cabang Klaten memperingati Hari Guru Nasional Tahun 2020. Kegiatan yang dilaksanakan di auditorium Universitas Widya Dharma (Unwidha) Klaten ini, berlangsung pada hari Sabtu (21/11/2020) pagi.

Ketua IPPK Cabang Klaten, Djoko Sutrisno menyampaikan, kegiatan peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2020 ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten, Ketua PGRI Klaten, Ketua PWRI Klaten, Pengurus IPPK Cabang Klaten dan perwakilan pengurus di 26 ranting IPPK kecamatan.

“Karena situasi masih pandemi, kita laksanakan secara sederhana dan tetap menerapkan protokol kesehatan. Hadir Pak Nardi, dan alhamdulillah, Pak Wardani bisa menunggui sampai acara berakhir. Ini sesuatu yang luar biasa,” ujarnya.

Sementara itu Ketua IPPK Jawa Tengah, Sudarto dalam sambutanya melalui video conference (Vidcon) mengatakan, IPPK merupakan wadah abadi bagi guru sejati. Berbeda dengan PGRI, ketika guru sudah pensiun, sudah tidak lagi menjadi anggota PGRI.

“Guru profesi akan berhenti ketika yang bersangkutan tidak lagi menerima kompensasi sebagai guru profesi. Namun guru sejati selamanya akan melekat tugas-tugas yang tidak hanya mengajarkan ilmu pengetahuan saja, melainkan juga nilai nilai keutamaan dalam kehidupan. Maka dari itu guru harus bermartabat,” tandasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten, Wardani Sugiyanto menyatakan, peran guru tidak bisa digantikan oleh kemajuan teknologi.

“Dalam rapat kerja kemarin, Pak Menteri mengatakan, peran guru tidak bisa tergantikan, maka dari itu pembelajaran tatap muka harus segera dilaksanakan,” ungkapnya.

Dalam peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2020 ini juga dilaksanakan pemberian kenang-kenangan kepada tokoh -tokoh guru senior yang ada di Kabupaten Klaten. (ino)