Umum

Akan Ada Pengangkatan Satu Juta Guru di Tahun 2021

Klaten, saktenane.com

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI akan melakukan pengangkatan satu juta guru honorer menjadi aparatur sipil negara (ASN) melalui skema pegawai pemerintah dengan perjanjian kontrak (PPPK). Pengangkatan tersebut direncanakan akan dimulai pada 2021.

Para guru honorer yang akan diangkat menjadi PPPK terlebih dahulu harus melalui sejumlah rangkaian seleksi.

Hal itu juga disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten dalam sambutannya pada acara peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2020 di auditorium Universitas Widya Dharma (Unwidha) Klaten yang diselenggarakan oleh Ikatan Purnakaryawan Pendidikan dan Kebudayaan (IPPK) Cabang Klaten.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten, Wardani Sugiyanto mengatakan, akan ada pengangkatan satu juta guru P3K melalui proses seleksi.

“Dilaunching dalam webinar kemarin, akan ada pengangkatan guru P3K. Guru kontrak yang gajinya setara dengan PNS. Di Indonesia akan diangkat satu juta guru,” jelas Wardani, Sabtu (21/11/2020).

Ia menyampaikan, hal ini merupakan bukti kalau di era digital ini, peran guru tidak bisa tergantikan oleh kecanggihan teknologi.

“Seperti dikatakan pak Sudarto tadi, peran guru tidak bisa tergantikan oleh kecanggihan teknologi. Pemerintah Indonesia menghargai betul akan hal itu,” ungkapnya.

Wardani menambahkan, peran guru yang tidak bisa tergantikan oleh teknologi yakni pendampingan dan pemberian kasih sayang kepada anak didik. (ino)