Politik

Debat Publik Calon Bupati-Wakil Bupati Klaten Untuk Mengenalkan Visi-Misi

Klaten, saktenane.com

Sebanyak tiga pasangan calon bupati dan wakil bupati dalam Pilkada Klaten 2020 saling menyampaikan ide dan gagasannya untuk membangun Klaten lima tahun mendatang dalam acara Debat Publik Putaran Pertama yang digelar di Gedung Al Hakim Convention Hall Klaten,Jumat (20/11/2020) malam.

Melalui gelaran debat publik tersebut, diharapkan masyarakat dapat mengenal visi, misi dan program kerja calon kepala daerah tersebut.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Klaten, Kartika Sari Handayani mengungkapkan, bahwa debat publik ini merupakan salah satu bentuk kampanye yang difasilitasi KPU Klaten, agar masyarakat mengenal visi-misi dan program pasangan calon.

“Sebagai momentum yang ditunggu Masyarakat Klaten agar lebih mengenal visi misi dan program kerja pasangan calon. Saat ini merupakan kesempatan pada pasangan calon untuk menajamkan visi, misi dan program kerja, sehingga patut untuk dipilih oleh pemilih di TPS pada tanggal 9 Desember 2020,” ungkap Kartika, Jumat (20/11/2020) malam.

Secara teknis, debat publik yang berlangsung selama 90 menit tersebut dipandu oleh Artika Amelia selaku moderator. Pada kesempatan tersebut, panelis tidak dihadirkan secara langsung namun soal pertanyaan akan dibacakan oleh moderator.

“Debat publik kali ini mengusung tema pengembangan layanan publik dan kesejahteraan masyarakat. Bidang pendidikan, bidang hukum dan perlindungan masyarakat, budaya dan pariwisata, kesehatan, pelayanan publik,” jelas moderator.

Artika menjelaskan, pelaksanaan debat publik tersebut dimulai pada pukul 19.30 WIB dan terbagi menjadi enam segmen.

Segmen satu yaitu berupa pemaparan visi misi dan program pasangan calon. Kemudian segmen kedua dan ketiga yaitu pendalaman visi misi program melalui pertanyaan panelis yang dibacakan oleh moderator.

Selanjutnya Segmen keempat dan kelima adalah debat eksploratif terkait kondisi permasalahan Kabupaten Klaten sesuai dengan visi dan misi pasangan calon. Terakhir pada segmen keenam adalah pernyataan atau closing statement dari pasangan calon.

Pada debat publik tersebut diikuti oleh tiga pasangan calon yakni Sri Mulyani-Yoga Hardaya, One Krisnata-Muhammad Fajri dan Arif Budiyono- Harjanta. Gelaran debat publik tersebut pun disiarkan secara langsung melalui TVRI Jogja dan kanal Youtube KPU Klaten. (ino)