Umum

Musim Penghujan Tiba, Desa Carikan Normalisasi Kali Buntung

Klaten, saktenane.com

Musim penghujan, membuat kita harus berjaga-jaga agar tidak terjadi banjir disekitaran kita. Hal itu pula yang dilakukan pemerintah Desa Carikan, Kecamatan Juwiring, Kabupaten Klaten.

Tidak mau wilayahnya terjadi banjir, pemerintah desa setempat melakukan normalisasi di sepanjang aliran Kali Buntung.

Kepala Desa Carikan yang diwakili oleh Sekdes Carikan, Kiryanto menyampaikan, menghadapi musim penghujan pemerintah desa setempat bekerjasama dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo melakukan normalisasi di Kali Buntung.

“Kami dari desa mengajukan proposal normalisasi ke BBWS, karena kalau dari desa sendiri yang melakukannya, untuk saat ini anggaran tidak memungkinkan,” ujar Kiryanto, Senin (30/11/2020).

Ia menyebutkan, normalisasi Kali Buntung ini sepanjang 1500 meter. Kali tersebut saat ini mengalami penyempitan dan pendangkalan.

“Normalisasi ini untuk mengeruk sedimen lumpur dan mengangkat barongan bambu yang masuk ke dalam sungai,” jelasnya.

Alasan diadakan normalisasi sungai ini, menurut Kiryanto, pendangkalan dan penyempitan sungai menyebabkan banjir setiap musim hujan. Air meluap ke rumah warga.

“Yang langganan banjir, di Dk. Ngemplak 35 KK, Gulon 35 KK, Padangan 120 KK, Tuwanan 50 KK dan Cabean 50 KK,” ungkapnya.

Ia menambahkan, biasanya pasar Desa Carikan juga turut terendam jika banjir. Banjir juga meluap di Desa Taji Juwiring.

“Jembatan penghubung Dk. Padangan dengan Dk. Gulon juga dibongkar dan diperbaiki, karena ada cincin pelor yang menyumbat dan ada timbunan sampah yang mengakibatkan banjir,” imbuhnya. (ino)

Add Comment

Click here to post a comment