Umum

Apa Yang Menjadi Prioritas Pembangunan Desa Juwiran Tahun 2021?

Klaten, saktenane.com

Apa yang menjadi prioritas pembangunan Desa Juwiran, Kecamatan Juwiring, Kabupaten Klaten di Tahun 2021?

Saat ditemui di kantornya, Kepala Desa Juwiran, Santoso mengatakan, prioritas pembangunan yang akan dilaksanakan pada tahun 2021 terbagi dalam 3 kategori, yakni pembangunan fisik (infrastruktur), pemberdayaan masyarakat dan pembinaan masyarakat.

” Untuk pembangunan fisik, nantinya akan dibangun kios-kios didepan kantor desa, untuk meningkatkan PAD dan pemberdayaan masyarakat,” ujar Santoso disela sela rapat persiapan Musrenbangdes, Senin (21/12/2020) siang.

Ia menjelaskan, prioritas lainnya yakni pembangunan sayap jembatan yang menghubungkan antara Dk. Sabrang dengan Dk. Pengkol Desa Kaligawe, Kecamatan Pedan.

” Sudah kami ajukan ke Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo untuk pembangunannya. Rencana menelan anggaran 300 juta rupiah, semoga bisa segera terealisasi,” harapnya.

Ia juga menyebutkan, untuk pembangunan jalan, ada beberapa titik pengaspalan jalan, rabat beton dan pembangunan talud jalan. Sisa anggaran lainnya untuk BLT dana desa selama 6 bulan, penanganan Covid-19 dan pemberdayaan serta pembinaan masyarakat.

Sementara itu Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Juwiran, Wiji Lestari menyampaikan, untuk menghindari terjadinya banjir disaat musim penghujan, hendaknya pemerintah membangun saluran sudetan yang menghubungkan Kalimati dengan Kaligawe.

“Kami dari pemerintah desa sudah mengajukan ke Dinas Pekerjaan Umum Klaten, tetapi sampai dengan saat ini belum ada tanggapan,” jelasnya. (ino)