Umum

Rehab RTLH Jadi Prioritas Desa Kuncen

Klaten, saktenane.com

Program rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) menjadi salah satu prioritas pembangunan di Desa Kuncen, Kecamatan Ceper, Kabupaten Klaten.

“Rehab RTLH merupakan salah satu prioritas pembangunan di desa kami. Selain RTLH juga ada program jamban sehat,” ungkap Kepala Desa Kuncen, Muryadi disela-sela pendataan RTLH, Selasa (22/12/2020) siang.

Muryadi menjelaskan untuk tahun anggaran 2021 direncanakan ada rehap RTLH sebanyak 10 rumah yang didanai dengan anggaran dana desa.

“Sudah dianggarkan di APBDes 2021 sebesar 100 juta rupiah untuk kegiatan rehap 10 rumah tidak layak huni,” ujarnya.

Selain itu, menurut Muryadi, pemerintah desa juga mengupayakan rehap rumah tidak layak huni dari sumber dana yang lain.

“Rehap bisa dari anggaran pemerintah pusat, provinsi maupun kabupaten. Saat ini pendataan untuk rehap RTLH provinsi sejumlah 30 rumah, semoga bisa terealisasi di tahun 2021,” harapnya.

Ia menambahkan, di tahun 2020 pemerintah Desa Kuncen juga sudah merampungkan rehap 20 rumah tidak layak huni dari program BSPS (Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya).

” Masing-masing menerima 17,5 juta rupiah, dengan rincian 15 juta untuk pembelian material dan yang 2,5 juta rupiah untuk upah tukang. Masih ditambah swadaya dari KPM.
Tujuan rehap RTLH ini agar semua penduduk di Desa Kuncen mempunyai rumah yang layak huni, sehat dan bersih,” jelasnya. (ino)

Add Comment

Click here to post a comment