Umum

Awal Tahun 2021, Jembatan Kali Buntung Sudah Mulai Dibangun

Klaten, saktenane.com

Mengawali Tahun 2021, pemerintah Desa Carikan, Kecamatan Juwiring, Kabupaten Klaten mulai melaksanakan pembangunan yang sudah direncanakan dalam Anggaran Pendapatan Dan Belanja Desa (APBDes) Tahun 2021.

Kepala Desa Carikan, Katiyono menyebutkan, salah satu dari program pembangunan yang diprioritaskan dalam APBDes Tahun 2021 yakni pembangunan jembatan Kali Buntung.

“Jembatan ini menjadi prioritas pembangunan di Tahun 2021, karena merupakan jembatan penghubung 3 dukuh di Desa Carikan,” ujar Katiyono, Selasa (05/01/2021) siang.

Ia menjelaskan, jembatan ini menghubungkan Dk. Ngemplak, Dk. Gulon dan Dk. Padangan. Disamping sebagai penghubung antar dukuh, dibangunnya jembatan ini juga untuk mengatasi banjir yang selalu menjadi langganan warga dukuh setempat.

“Jadi yang jembatan lama ini pelor cincin jembatannya menghambat aliran air, terutama saat ada sampah yang terbawa arus. Sehingga jembatan lama dibongkar saat normalisasi sungai kemarin dan sekarang dibangun jembatan yang baru,” ungkapnya.

Menurut Katiyono, untuk membangun jembatan dengan panjang 7,5 meter dan lebar 2,6 meter, berikut talud sayap dan talud penahan tebing Kali Buntung ini menelan beaya sebesar 135 juta rupiah.

“Anggaran dari Dana Desa Tahun 2021. Selain untuk pembangunan, dana desa juga digunakan untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) dan penanganan Covid-19 dan pemberdayaan masyarakat,” jelasnya. (ino)