Umum

Bank Sampah “Ngupoyo Raharjo” Jadi Solusi Atasi Sampah

Klaten, saktenane.com

Bank Sampah “Ngupoyo Raharjo” menjadi sebuah solusi untuk mengatasi permasalahan sampah di Desa Pakisan, Kecamatan Cawas, Kabupaten Klaten.

Bank Sampah yang terletak di Dk Kentengrejo RW 02 ini, menjadi tulang punggung pemerintah desa setempat dalam mengelola sampah dari rumah tangga warga sekitar.

Kepala Desa Pakisan, Santosa mengatakan, bank sampah yang dulunya sempat mandek, sejak 5 bulan yang lalu diaktifkan kembali untuk mengatasi permasalahan sampah di wilayahnya.

“Akhir Agustus yang lalu mulai berjalan lagi. Kita harus merubah paradigma, sampah yang selama ini menjadi masalah, kita ubah menjadi berkah,” ujarnya, Minggu (24/01/2021).

Untuk saat ini, menurut Santosa, bank sampah tersebut ditangani oleh 6 orang relawan untuk mengambil, memilah dan mengolah sampah.

” Pengambilan sampah ke rumah warga di lakukan 2 kali dalam seminggu. Sekarang baru mencakup wilayah di 4 RT, kedepan tentunya akan mencakup seluruh wilayah desa,” jelasnya.

Ia menambahkan, setelah sampah dipilah, untuk sampah organik diolah menjadi pupuk kompos, sedangkan untuk sampah kertas dan plastik dikemas untuk didaur ulang. (ino)

Add Comment

Click here to post a comment