Umum

Atasi Masalah Sampah, Desa Sribit Bakal Sediakan Tempat Sampah di Setiap Rumah

Klaten, saktenane.com

Untuk mengatasi masalah sampah, pemerintah Desa Sribit, Kecamatan Delanggu, Kabupaten Klaten, bakal memberikan bantuan tempat sampah kepada seluruh warganya. Di setiap rumah penduduk bakal diberikan 1 set tempat sampah.

Kepala Desa Sribit, Alibi menyampaikan, permasalahan sampah menjadi tanggung jawab kita bersama, antara warga dan pemerintah desa harus saling mendukung, mencari solusi mengenai masalah sampah.

“Untuk itu dari pemerintah desa akan memfasilitasi warga dengan memberikan tempat sampah, agar warga bisa memilah sampah yang selanjutnya sampah akan dikelola di bank sampah,” jelasnya, Selasa (26/01/2021) pagi.

Ia menyebutkan, total tempat sampah yang bakal diberikan kepada warga nantinya berjumlah 622 set tempat sampah.

“Satu set terdiri dari 2 tempat sampah, yakni 1 tempat sampah berwarna hijau untuk sampah organik dan 1 tempat sampah berwarna merah untuk tempat sampah anorganik,” ungkapnya.

Menurut Alibi, dikarenakan anggaran dana desa tersedot untuk BLT dan penanganan Covid-19, maka terpaksa pengadaan tempat sampah dianggarkan dalam 2 tahun anggaran.

“Tahun 2020 kemarin dianggarkan Rp. 47.700.000,- untuk pembelian 212 set tempat sampah. Rencananya tahun 2021 dianggarkan Rp. 92.250.000,- untuk pembelian 410 set,” ujarnya.

Ia menambahkan, untuk mengatasi masalah sampah, warga juga terbantu dengan adanya gerakan Sodaqoh Rosok yang diprakarsai oleh Pemuda Muhammadiyah Ranting Sribit. (ino)

Add Comment

Click here to post a comment