Umum

Berkat Bantuan Pompa Air Dari AQUA, Kekeringan Sawah Di Desa Taji Bisa Teratasi

Klaten, saktenane.com

Berkat bantuan pompa air dari PT. Tirta Investama yang memproduksi air minum dalam kemasan merk AQUA, kekeringan di lahan pertanian atau sawah di Desa Taji, Kecamatan Juwiring, Kabupaten Klaten bisa teratasi.

Kepala Desa Taji, Sujadi mengatakan, sebelum mendapatkan bantuan pompa air CSR (Corporate Social Responsibility) dari pabrik AQUA, sawah di wilayah desa setempat selalu mengalami kekeringan disaat musim kemarau.

“Alhamdulillah sekarang sudah tidak kekeringan saat musim kemarau,” ujarnya, Kamis (28/01/2021) siang.

Ia menyebutkan, dengan adanya pompa air berkekuatan 24 PK tersebut, mampu mengairi lahan pertanian seluas 50 hektar.

“Pompa air ini mampu menyedot air dari Kali Pusur, kemudian dialirkan melalui pipa PVC dengan diameter 8 dim menuju saluran irigasi tersier,” ungkapnya.

Sujadi menjelaskan, pipa tersebut merupakan bantuan dari Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen senilai 10 juta rupiah dan ditambah dengan swadaya petani.

“Sedangkan talud saluran irigasi tersier merupakan bantuan dari Dinas Pertanian Kabupaten Klaten sepanjang 400 meter, senilai 55 juta rupiah. Talud ini akan dilanjutkan pada tahun 2021,” terangnya.

Sementara itu, Kaur Kesra Desa Taji, Kusnadi menyampaikan, yang masih menjadi kendala saat ini, yakni saat musim penghujan masih selalu kebanjiran, dikarenakan Desa Taji merupakan desa paling ujung (pethit) di wilayah Kabupaten Klaten, sehingga merupakan daerah terkumpulnya air saat penghujan. (ino)

Add Comment

Click here to post a comment