Umum

Pengembangan BUMDes Jadi Prioritas Desa Jetis

Klaten,  saktenane.com

Pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes)  menjadi salah satu prioritas program kerja pemerintah Desa Jetis,  Kecamatan Juwiring,  Kabupaten Klaten. Untuk mengembangkan BUMDes tersebut,  pemerintah desa selalu menganggarkan penyertaan modal.

“Bangunan untuk BUMDes dibangun tahun 2019, di tahun 2020 diberi alokasi anggaran dari dana desa sebesar 28 juta rupiah, dibelanjakan pembelian peralatan untuk disewakan,” ujar Kepala Desa Jetis,  Slamet Wiyoto,  Kamis (28/01/2021) pagi.

Ia menyebutkan,  peralatan yang dibeli dan kemudian disewakan,  diantaranya, molen, angkong dan besi untuk bekisting cor.

“Oleh BUMDes disewakan untuk umum,  jadi masyarakat yang mau mengadakan pengecoran halaman atau membangun rumah bisa menyewa ke BUMDes.  Pemerintah desa jika ada pekerjaan pengecoran jalan atau talud juga menyewa,” jelasnya.

Disamping usaha persewaan alat, menurut Slamet Wiyoto, BUMDes Jetis juga memiliki usaha toko kelontong.

“Tahun 2020 juga mendapat bantuan ketahanan pangan dari Provinsi Jawa Tengah sebesar 20 juta rupiah untuk dibelikan sembako dan dijual kepada masyarakat dengan harga yang lebih murah,” ungkapnya.

Ia menambahkan,  untuk tahun 2021 pemerintah desa akan memberikan penyertaan modal untuk BUMDes sebesar 50 juta rupiah. Dan untuk tahun 2022, sebesar 250 juta rupiah.(ino)

Add Comment

Click here to post a comment