Umum

Kabar Gembira, Warga Desa Srebegan Bakal Punya Tempat Sampah di Setiap Rumah

Klaten, Saktenane.com

Kabar menggembirakan untuk warga Desa Srebegan, Kecamatan Ceper, Kabupaten Klaten. Pasalnya dalam Musrenbangdes untuk menyusun rencana pembangunan desa tahun 2022, pengadaan tempat sampah bagi warga desa menjadi prioritas usulan.

“Prioritas usulan untuk tahun 2022 ada 2 usulan. Usulan pertama, pengadaan tempat sampah bagi warga, sedangkan usulan kedua, pengadaan lampu penerangan jalan,” ujar Kepala Desa Srebegan, Purwanto, Senin (01/02/2021).

Ia menjelaskan, 2 usulan tersebut menjadi prioritas utama, disamping usulan-usulan yang lain dibidang pembangunan, pemberdayaan masyarakat maupun pembinaan masyarakat.

“Karena sampah memang harus dicari solusinya, agar tidak menimbulkan masalah bagi kita,” ungkapnya.

Dalam sambutannya, Kasi Tapem Kecamatan Ceper,  Hariyanto  menyatakan Musrenbangdes ini merupakan rangkuman dari usulan di dusun yang diusulkan melalui Musdus.

“Usulan dusun dibawa ke tingkat desa sebagai bahan Musrenbangdes.
Semua usulan direkapitulasi menjadi usulan rancangan pembangunan desa tahun 2022,” ucapnya.

Ia menambahkan, usulan tersebut diidentifikasi mana yang menjadi kewenangan desa dan mana yang menjadi kewenangan kabupaten.
Usulan yang menjadi kewenangan kabupaten diusulkan ke Musrenbangcam di kecamatan, selanjutnya diusulkan di Musrenbangda di kabupaten.

Hasil musrenbangdes, menurut Kasi PPM Kecamatan Ceper, Sri Sehati Putra Sakti, akan digunakan sebagai bahan penyusunan RKPDes Tahun anggaran 2022 yang akan dilaksanakan Bulan Juli 2021.
RKPDes akan digunakan sebagai bahan RAPBDes.
RAPBDes setelah disidangkan akan menjadi APBDes Tahun 2022 (ino)

Add Comment

Click here to post a comment